Kasus Medis Mengerikan Ungkap Sesuatu yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

- 24 Mei 2020, 15:33 WIB
Ilustrasi kopi. /PIKIRAN RAKYAT

PIKIRAN RAKYAT - Kafein adalah stimulan psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia, setidaknya terdapat dalam produk-produk seperti kopi, teh, dan minuman ringan atau energi.

Meskipun sebagian besar dari kita mengonsumsi kafein dalam dosis yang aman dan moderat, kenyataannya adalah dalam bentuk bubuk murni atau terkonsentrasi, kafein adalah zat yang sangat kuat yang bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Science Alert, FDA memperingatkan bahwa satu sendok teh tunggal bubuk kafein setara dengan sekitar 28 cangkir kopi.

Baca Juga: Akui Virus Corona Mirip Flu Burung, Siti Fadilah Sebut Flu Burung Juga Hilang Bukan Karena Vaksin

Hal itu menjadi alasan mengapa penjualan suplemen bubuk kafein dalam bentuk curah telah dilarang di Amerika Serikat dan di tempat lain.

Larangan itu muncul setelah beberapa kematian dalam beberapa tahun terakhir terkait dengan overdosis kafein, yang mengarah pada meningkatnya kekhawatiran tentang ketersediaan kafein bubuk.

Sebuah studi kasus baru di Inggris menunjukkan apa yang dapat terjadi ketika orang menelan kafein bubuk dalam jumlah besar, sehingga peneliti membenarkan kekhawatiran dan larangan tersebut.

Baca Juga: Polisi Australia Sita Narkoba Kristal Es, Disembunyikan dalam Botol Hand Sanitizer

Laporan tersebut, dipimpin oleh dokter perawatan kritis Rebecca Harsten dari Rumah Sakit Queen Elizabeth di London, merinci pengalaman seorang pasien berusia 26 tahun yang muncul dalam keadaan darurat sekitar tiga jam setelah dia menelan dua sendok teh bubuk kafein (sekitar 20 gram).

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: Science Alert


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X