Cegah Stres Selama Masa Pandemi, Berikut Saran dari Praktisi Terapi Bermain dan Seni

- 18 Mei 2020, 12:16 WIB
Ilustrasi stress yang dipicu pandemi Covid-19. /unsplash

PIKIRAN RAKYAT – Cegah stres selama pandemi Covid-19, seorang praktisi terapi bermain dan seni menyarankan masyarakat mengekspresikan diri secara bebas selama menjalani karantina di rumah.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Antara, kegiatana menggambar bisa jadi salah satu alternatif mengekspresikan diri tanpa harus memikirkan hasilnya.

"Kalau di rumah terus rasanya membosankan, berekspresi bisa membantu, seperti kegiatan menggambar tanpa harus memikirkan hasilnya bagus atau tidak, lakukanlah. Yang bisa menari, cobalah mengekspresikan diri melalui lagu kemudian berekspresi melalui gerak," kata praktisi terapi bermain dan seni Ina M Surya Dewi di konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB Jakarta, Minggu.

Baca Juga: Idulfitri di Tengah Pandemi, Berikut Aplikasi untuk Bikin Silaturahmi Digital Lebih Berkesan

Mengekspresikan diri tidak hanya melalui seni tapi dalam beragam bentuk apapun yang membuat riang dan bebas sehingga menghasilkan relaksasi di dalam diri.

Dia membebaskan setiap orang untuk melakukan hal yang disukainya seperti memasak ataupun berkebun.

Menurut dia, hal yang penting adalah proses mengekspresikan diri tersebut yang dilakukan secara bebas dengan mengeluarkan energi dari dalam tubuh.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Dinaikkan, Presiden Jokowi Dinilai Permainkan Hati Rakyat

"Yang penting proses ketika melakukan itu, untuk mengekspresikan secara bebas. Jangan menilai ini tidak bagus tapi lakukan saja," kata dia

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X