BLT Dana Desa Tahap 3 Kapan Cair? Cek Jadwal Penyaluran untuk Dapat Rp900 Ribu

- 5 Juli 2023, 15:34 WIB
Potret penyaluran BLT Dana Desa di Desa Lubangdukuh.
Potret penyaluran BLT Dana Desa di Desa Lubangdukuh. /Dok. Kecamatan Butuh/

PR TASIKMALAYA – BLT Dana Desa telah memasuki tahap 3 penyaluran dengan total bantuan hingga Rp900 ribu bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah terdata DTKS.

BLT Dana Desa atau BLT DD merupakan bantuan dari pemerintah dengan menggunakan alokasi dana setiap desa. Di tahun 2023, penyalurannya diperuntukkan bagi masyarakat miskin.

Sejatinya bansos ini disalurkan setiap bulan kepada KPM yang sudah terdata namun tergantung dari desa yang bersangkutan menggunakan skema seperti apa atau tergantung dari pencairan uang dana desa dari pusat.

Setiap desa di masing-masing daerah mempunyai skema penyaluran BLT DD yang berbeda, baik setiap bulan, dua bulan, atau langsung tiga bulan dengan besaran nilai total bansos Rp900 ribu.

Baca Juga: 7 Pasangan Drama Korea yang Terlibat Rumor Kencan hingga Pacaran, Salah Satunya SongSong Couple!

Di beberapa desa ada yang disalurkan setiap bulan dengan nilai BLT Rp300 ribu, ada juga yang menyalurkan 2 bulan terlebih dulu dengan nilai BLT Rp600 ribu, dan ada yang langsung untuk 3 bulan yakni Rp900 ribu.

BLT Dana Desa sebelumnya merupakan program bansos dari pemerintah untuk merespons adanya pandemic Covid-19. Kini, bantuan ini untuk memberantas kemiskinan ekstrem.

Kapan BLT Dana Desa Tahap 3 Cair?

Pemerintah menyalurkan bansos ini dengan nilai bantuan untuk tiga bulan. KPM yang terdata akan mendapatkan Rp300 ribu atau total Rp900 ribu.

Baca Juga: Tak Hanya Dugaan Penistaan Agama, Polri Buka Peluang Usut Perkara Lain dalam Kasus Panji Gumilang

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x