Industri Baja Diperkuat Kemenperin, Solusi di Tengah Pandemi Covid-19

- 5 Oktober 2020, 08:31 WIB
Ilustrasi salah satu produk baja ringan.
Ilustrasi salah satu produk baja ringan. /ANTARA/

PR TASIKMALAYA – Sektor industri merupakan sektor yang harus diperhatikan sebagai salah satu pendongkrak ekonomi.

Di tengah kelesuan industri dalam menjalan bisnisnya, industri baja diharapkan dapat bertahan.

Mengingat banyaknya insfrastruktur yang sedang di bangun di Indonesia, industri baja nasional dapat menjadi celah dalam peningkatan ekonomi.

Baca Juga: Pengisi Suara Doraemon Tomita Kosei Meninggal Dunia

Selain itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya memperkuat industri baja nasional dengan mewujudkan negara mandiri dari impor komoditas tersebut di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier memberikan keterangan resmi di Jakarta pada Minggu, 4 Oktober 2020.

“Kita lihat di Amerika, ada upaya dari industri bajanya menyurati parlemennya untuk mengeluarkan semacam insfrastucture bill yang tujuannya untuk mendorong industri baja agar bergerak,” ucap Taufik.

Baca Juga: Kementerian Agama Gelar Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Penceramah

Lanjut Taufik, karena pada saat pandemi, hampir seluruh industri baja mengalami perlambatan dan kemudian banyak dijumpai tenaga kerja yang mungkin dijaga, agar tidak terjadi PHK.

Ia mengatakan, pihaknya telah memicu industi baja di tanah air untuk melakukan inovasi agar roda bisnisnya tetap berputar. Menurutnya, hal ini satu upaya yang besar, jadi disrupsi dari rantai pasok secara global.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x