Bansos Ibu Hamil Cair Rp3 Juta untuk Pemilik KTP Ini, Cek Lewat cekbansos.kemensos.go.id

- 28 Juli 2023, 07:49 WIB
Cek pencairan bansos dengan nilai Rp3 juta per tahun untuk kategori ibu hamil dalam PKH 2023.
Cek pencairan bansos dengan nilai Rp3 juta per tahun untuk kategori ibu hamil dalam PKH 2023. /Dok. Kemensos/

PR TASIKMALAYA - Program Keluarga Harapan (PKH) kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap 3 dengan nilai sebesar Rp750 ribu bagi kategori ibu hamil/balita.

Program ini memberikan dukungan finansial kepada keluarga miskin yang telah terdata sebagai penerima manfaat (KPM) PKH dari pemerintah.

Penyaluran PKH tahap 3 dilakukan pada bulan Juli, Agustus, dan September, dan dana bantuan akan ditransfer ke rekening Himbara atau PT Pos Indonesia sesuai data penerima yang sudah terdaftar.

Bansos PKH diperuntukkan bagi keluarga miskin dengan anggota maksimal empat orang yang memenuhi kriteria sebagai penerima bansos.

Baca Juga: Strategi dan Panduan Pengajuan Pinjaman KUR BRI bagi Pelaku UMKM Agar Modal serta Usaha Berjalan Baik

Selain ibu hamil/balita yang akan menerima bantuan sebesar Rp750 ribu, anggota keluarga lain yang memenuhi syarat juga akan mendapatkan bantuan sesuai dengan kategorinya, seperti anak sekolah, lansia, dan disabilitas.

Penerima bantuan PKH tahap 3 adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tergolong dalam kelompok masyarakat miskin atau rentan miskin, serta bukan merupakan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), atau Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Untuk menjadi penerima bansos PKH, pemilik KTP harus sudah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan tidak pernah menerima bantuan lainnya.

Jika belum terdaftar, masyarakat dapat mengajukan diri secara mandiri melalui aplikasi Cek Bansos yang disediakan oleh Kementerian Sosial.

Baca Juga: Laporan Harta Kekayaan Henri Alfiandi, Kabasarnas yang jadi Tersangka Korupsi

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x