Kapan Bansos BLT El Nino dan Bansos Beras 10 kg Cair? Ikuti Cara Cek Penerima di sini

- 18 Januari 2024, 15:55 WIB
Info pencairan bansos BLT El Nino dan beras 10 kg dari pemerintah pada tahun 2024.
Info pencairan bansos BLT El Nino dan beras 10 kg dari pemerintah pada tahun 2024. /PxHere/Pijarn Jangsawang/

PR TASIKMALAYA - Program bantuan sosial (bansos) di tahun 2024 terbilang cukup beragam, dua diantaranya adalah bansos bantuan langsung tunai (BLT) El Nino dan bansos berupa cadangan beras pemerintah (CBP) 2024.

Dalam hal ini, kedua program bansos tersebut disiapkan pemerintah untuk mengantisipasi kesenjangan sosial dari adanya krisis iklim dan pangan di Indonesia. Terutama mundurnya hasil panen serta iklim yang tak menentu sejak akhir tahun 2023.

Lalu kapan kedua bansos tersebut dapat dicairkan pada tahun 2024 ini. Untuk menjawab hal itu, sebagaimana laporan dari laman resmi Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu, 10 Januari 2024, baik bansos BLT El Nino maupun bansos beras 10 kg akan cair sejak Januari, Februari, hingga Maret 2024.

Tak hanya itu, Mendag, Zulkifli Hasan bahkan menyebut ada kemungkinan bahwa kedua program bansos itu akan diperpanjang penyalurannya hingga Juni 2024 mendatang. 

Baca Juga: BLT Balita 2024 Tahap 1 Cair Rp750.000, Begini Cara Cek Penerima dan Ambil Bantuannya

Zulhas menyebut bahwa itu merupakan hasil dari arahan presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pelaksanaan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 9 Januari 2024.

“Yang paling penting tadi diputuskan, bansos BLT El Nino terus lanjut karena masyarakat yang di bawah sangat membutuhkan,” kata Zulhas menjelaskan.

Lebih lanjut, Ketua Umum PAN itu menyebut bahwa kemungkinan perpanjang penyaluran hingga Juni 2024 ini disebabkan oleh mundurnya jadwal panen dari Februari beralih ke Juni.

Hal itu membuat pemerintah perlu terus memberikan bantuan untuk pemenuhan kebutuhan pangan di tengah masyarakat, baik berupa BLT El Nino maupun bansos beras 10 kg. Adapun besarannya, Zulhas menyebut akan mencapai Rp400 ribu setiap tahapnya.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah