Cara Cek PKH Lewat HP untuk Cairkan Bansos Tahap 1 2024

- 11 Januari 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi penerima bansos PKH.
Ilustrasi penerima bansos PKH. /ANTARA

PR TASIKMALAYA - Menjelang pertengahan Januari 2024, banyak masyarakat yang mulai mempertanyakan waktu pencairan bantuan sosial (bansos) yang salah satunya Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos). 

Lantas kapan PKH 2024 cair? siapakah yang berhak mendapat bansos ini? simak jawabannya dalam artikel ini, lalu akan ada pula cara cek PKH secara online lewat handphone (HP) tepatnya melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id. 

Perlu diketahui bahwa Kemensos menyalurkan bantuan PKH setiap tahun, termasuk tahun 2024 dengan skema pencairan 3 bulan sekali atau dalam 4 tahap. Memasuki pertengaha Januari, bansos PKH yang akan dipersiapkan adalah bantuan tahap 4 dengan nominal yang berbeda. 

Sebab terdapat sejumlah kategori yang sudah ditentukan mendapat PKH 2024 yaitu ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah, penyandang disabilitas berat dan lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun. 

Baca Juga: PKH Tahap 1 Kapan Cair? Catat Waktunya dan Simak Nominal Bansos 2024 Ini

Nominal Bantuan PKH Tahap 1

Masing-masing kategori tersebut nantinya akan mendapat bantuan PKH dengan nominal yang berbeda-beda seperti untuk ibu hamil atau nifas dan anak usia dini 0-6 tahun, masing-masing kategorinya mendapat Rp750.000. 

Kemudian penyandang disabilitas berat dan lansia di atas 60 tahun memperoleh Rp600.000 untuk masing-masingnya. Sementara untuk anak sekolah, bantuan akan diberikan sesuai jenjang pendidikan yang dipenuhi. 

Bagi kategori anak sekolah jenjang SMA/sederajat akan mendapat Rp500.000, lalu anak sekolah jenjang SMP/sederajat mendapat Rp375.000 dan anak sekolah jenjang SD/sederajat mendapat Rp225.000. 

Untuk memperoleh bantuan PKH tahap 1 tersebut, pastikan bahwa Anda sudah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x