BLT El Nino Cair Lewat Apa? Pahami juga Cara Cek Penerima November 2023

- 18 November 2023, 09:40 WIB
Ilustrasi - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mengeluarkan program bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino.  Pixabay/Iqbal Stock
Ilustrasi - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mengeluarkan program bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino.  Pixabay/Iqbal Stock /Pixabay/IqbalStock

PR TASIKMALAYA - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mengeluarkan program bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino. Lalu bagaimana cara pencairannya? Simak di sini.

Perlu diketahui, BLT El Nino adalah program yang dikhususkan bagi masyarakat yang terbukti terkena dampak fenomena El Nino yang kini masih terjadi pada November 2023.

Adapun besaran BLT El Nino pada satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) adalah senilai Rp400 ribu. Hal itu merupakan bagian dari bantuan yang disiapkan pemerintah sebesar Rp7,2 triliun.

Sebelum mengetahui akses pencairan BLT El Nino dan cara memeriksa penerimanya. Kiranya terlebih dahulu perlu untuk mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengikuti program ini.

Baca Juga: Selain Masalah Kontrak dengan YG Entertainment, Lisa BLACKPINK Hadapi Krisis Lain

Syarat penerima BLT El Nino

Dalam hal ini, program BLT ini merupakan program yang juga disalurkan oleh Kemensos. Artinya, jika masyarakat telah terdaftar dalam program bantuan sosial lain sebelumnya, maka kemungkinan juga telah terdaftar dalam program ini.

Secara jelasnya, masyarakat harus terlebih dahulu memastikan dirinya telah terdaftar sebagai KPM dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Adapun kelayakan penerima yang paling diprioritaskan adalah keluarga dengan kategori Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Setelah memastikan beberapa hal di atas, BLT El Nino juga menentukan beberapa ketentuan turunan yang harus dipenuhi dan dianggap layak menerima bantuan, berikut diantaranya.

Baca Juga: Jam Berapa Last Twilight Episode 2 Tayang? Lengkap dengan Link Nonton dan Spoiler Drama Thailand GMMTV

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x