Siapa Penerima BLT El Nino 2023? Cek Syarat Mendapat Bansos Ini dan Cara Cek Bantuannya

- 14 November 2023, 10:39 WIB
Ilustrasi BLT El Nino
Ilustrasi BLT El Nino /ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/

PR TASIKMALAYA - Pemerintah mengumumkan adanya bantuan sosial (bansos) baru berupa BLT El Nino yang diberikan akibat dampak dari fenomena El Nino di Indonesia. 

Mengingat bahwa fenomena El Nino itu sendiri berdampak pada harga pangan sehingga memberatkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka, khususnya bagi keluarga yang kurang mampu. 

Lantas siapa yang berhak mendapat BLT El Nino 2023 dari pemerintah? Bagaimana cara mengecek bansos tersebut? Simak jawabannya dalam artikel ini, sekaligus akan ada informasi pencairannya. 

BLT El Nino itu sendiri disalurkan oleh pemerintah untuk bulan November dan Desember 2023 mendatang dengan besaran Rp200.000 per bulan untuk satu orang penerima. 

Baca Juga: Berapa Jumlah Bansos yang Diterima PM BLT El Nino? Simak di Sini

Penerima yang berhak memperoleh BLT El Nino adalah keluarga miskin atau rentan miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Jika kedua syarat tersebut sudah dipenuhi, maka pemerintah akan memberikan BLT El Nino pada penerima dalam bentuk uang tunai sekaligus untuk dua bulan yakni Rp400.000 per penerima. 

Bantuan tersebut dapat dicairkan oleh penerima lewat Bank Himbara seperti BRI, BNI, BTN atau Mandiri. 

Kemudian untuk mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima atau tidak di DTKS, dapat dilakukan pengecekkan secara online dengan membuka laman resmi Kemensos.

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x