Ciri Penerima BLT El Nino dari Jokowi pada November dan Desember 2023

- 15 November 2023, 20:17 WIB
Presiden Jokowi saat berpidato.
Presiden Jokowi saat berpidato. /Tangkapan layar YouTube/Sekretariat Presiden

PR TASIKMALAYA – Cari tahu ciri-ciri penerima bantuan langsung tunai (BLT) El Nino dari Presiden Jokowi yang dicairkan pada bulan November dan Desember 2023.

Jokowi telah mengatakan bahwa pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) baru yakni BLT El Nino dengan nilai Rp400 ribu untuk waktu dua bulan.

Bansos ini awalnya akan dicairkan pemerintah melalui dua tahapan yakni per bulan Rp200 ribu. Namun, ada perubahan skema penyaluran sehingga disalurkan langsung Rp400 ribu dalam satu kali.

BLT baru ini akan langsung diterima oleh masyarakat melalui rekening yang telah terdata. Ditransfer secara langsung Rp400 ribu.

Baca Juga: Jangan Salah Langkah! Simak Trik Sukses Dapatkan KUR BRI

Tidak semua masyarakat akan mendapatkan BLT El Nino karena pemerintah hanya menargetkan sekitar 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total anggaran Rp7,52 triliun. Berikut adalah ciri penerima bansos terbaru:

Ciri Penerima BLT El Nino 2023

- Masyarakat Rentan/Miskin dan Terdampak El Nino

Penerima BLT El Nino 2023 adalah masyarakat yang berada dalam kondisi rentan atau miskin dan secara langsung terdampak oleh fenomena alam El Nino.

El Nino dapat menyebabkan cuaca ekstrem, termasuk kekeringan, yang berdampak pada produktivitas pertanian dan naiknya harga bahan pangan. Oleh karena itu, bansos ini ditujukan untuk mereka yang memerlukan dukungan ekonomi tambahan di masa sulit akibat perubahan iklim.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x