Cek Fakta: Benarkah FPI Jadi Dalang Penyebaran Skenario PKI Kembali Hidup? Tinjau Faktanya

- 30 Mei 2020, 08:35 WIB
HOAKS artikel dengan menyebutkan FPI sebagai dalang yang memengaruhi pikiran masyarakat untuk percaya PKI kembali hidup.* /Hoax Crisis Centre Jawa Barat

PIKIRAN RAKYAT - Seorang pengguna Facebook Hermono Teguh Budianto mengunggah tangkapan layar artikel dengan menyebutkan FPI sebagai dalang yang memengaruhi pikiran masyarakat untuk percaya PKI kembali hidup.

Dalam detailnya, tangkapan layar yang menampilkan artikel yang berasal dari salah satu pemberitaan nasional dengan judul “Polisi Benarkan Ada Upaya Dari FPI Dalam Penyebaran Kaos & Atribut PKI.”

Baca Juga: Dianggap Jadi Mata-mata, Seekor Merpati Merah Muda Berkode Unik Ditangkap Kepolisian India

Narasi lengkap dapat terlihat sebagai berikut:

Skenario FPI dgn mempengaruhi Pikiran Masyarakat agar Percaya PKI itu ada. PADAHAL MEREKA2 SENDIRI YG MENYEBARKAN BENDERA2 ITU.!!!,” demikian bunyi narasi yang disebarkan pengguna Facebook Hermono Teguh Budianto tersebut

Berdasarkan penelusuran PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Hoax Crisis Center Jabar, ditemukan bukti yang membantah klaim narasi yang marak beredar tersebut.

Baca Juga: Taman Hiburan Jepang Dibuka, Naik Roller Coaster Dilarang Berteriak hingga 'Hantu' Wajib Jaga Jarak

Secara pasti, diketahui adanya kesamaan gambar dari unggahan pengguna Facebook Hermono Teguh Budianto dengan sebuah artikel yang dimuat dalam salah satu pemberitaan nasional dengan judul, “Polisi Benarkan Semarang Jadi Lokasi Penyebaran Kaus dan Atribut PKI”.

Lebih lanjut, artikel yang ditulis oleh Muh Radits dan diunggah pada Rabu, 11 Mei 2016 lalu itu tidak mencantumkan keterangan yang terkait FPI.

Alih-alih FPI, artikel itu justru menjelaskan Urdya Sejiwangga sebagai pelaku yang berhasil diamankan pihak keamanan saat sebuah konser musik tengah berlangsung di Lapangan Saburai pada Minggu, 08 Mei 2016.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Hoax Crisis Center Jabar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X