Ini Dia Tips dari Praktisi Kesehatan Agar Masyarakat Tetap Sehat Setelah Perayaan Idul Fitri, Apa Saja?

- 16 April 2024, 09:00 WIB
Tips jaga kesehatan setelah lebaran.
Tips jaga kesehatan setelah lebaran. /Freepik/

PR TASIKMALAYA - Praktisi Kesehatan Masyarakat dr. Ngabila Salama belum lama ini memaparkan hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah perayaan hari lebaran. 

Salah satu yang harus diantisipasi setelah lebaran adalah terkena penyakit menular yang bisa membahayakan orang lain atau diri sendiri. 

Menurut dia, setelah melaksanakan perayaan lebaran, banyak masyarakat yang melakukan interaksi dengan sesama dan melupakan pola hidup sehat. 

Atas dasar hal tersebut, sebelum kembali bekerja, dr. Ngabila mengingatkan masyarakat segera pergi ke dokter untuk melakukan cek kesehatan agar tidak ada penyakit yang menyerang tubuh. 

Baca Juga: Penjelasan Ending Wonderful World Episode 14: Apakah Soo Hyun dan Seon Yul Berakhir Bersama?

“Pastikan segera berobat ke dokter atau puskesmas terdekat untuk diobati segera. Kalaupun masuk kerja dalam keadaan sakit, mohon terapkan pola hidup bersih 3M ya. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar tidak terjadi penularan,” kata dr. Ngabila pada 15 April 2024, sebagaimana dilansir PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Antara. 

Tak hanya itu, ia juga menyarankan agar masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas jika sedang sakit karena kondisi seperti itu justru tidak membuat produktif. 

Dia mengatakan bahwa peningkatan kualitas tidur juga sebagai salah satu kunci untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. 

Kurang tidur bisa memunculkan penyakit kronis seperti diabetes, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, depresi, dan penurunan imunitas.

Halaman:

Editor: Aghnia Nurfitriani

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah