Jadi Tumpuan Ekonomi, Sektor Pertanian Sebagai Penolong di Masa Pandemi

- 2 November 2020, 17:13 WIB
ILUSTRASI pertanian, peternakan.*
ILUSTRASI pertanian, peternakan.* /PIXABAY/

PR TASIKMALAYA - Arif Satria, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19 ini bidang pertanian dapat berfungsi sebagai penolong untuk pembangunan nasional.

Hal ini terbukti dari catatan hasil pencapaian yang meningkat signifikan di tahun 2019-2020 untuk produk domestik bruto (PDB).

"Kontribusi PDB tahun 2019 12,09 persen, saat ini dimasa covid naik menjadi 15,01 persen. Khusus subsektor tanaman pangan, naik 21,63 persen menjadi 25,82 persen pada tahun 2020," kata Arif dalam pertemuan Evaluasi Sektor Pertanian hari Minggu, 1 Oktober 2020.

Baca Juga: Terima Suap Rp6 Miliar dari Djoko Tjandra, Napoleon Keberatan dengan Dakwaan yang Diberikan

"Kalau dibandingkan dengan sektor lain, sektor pertanian dapat menjadi penyelamat bagi pembangunan nasional," sambungnya.

Sebagaimana yang dikabarkan oleh laman Kementrian Pertanian, dikutip oleh PikiranRakyat-Tasikmalaya.com, Arif kemudian menerangkan maksud dari ungkapan penyelamat tersebut.

Pertama adalah empower of last resource.

Ia berpendapat, di masa pandemi ini, sektor pertanian justru yang mengalami peningkatan paling positif di antara dua sektor besar lain yakni manufaktur dan perdagangan.

"Subsektor yang memiliki pangsa terbesar terhadap PDB pertanian adalah sub sektor perkebunan. Pada era pandemi, pangsa subsektor tanaman pangan meningkat tajam, menunjukkan respon positif Kementerian Pertanian dalam menjaga ketahanan pangan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Tita Salsabila

Sumber: Kementerian Pertanian RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x