Alumni Prakerja Bisa Dapat Modal Rp10 Juta, Ajukan Pinjaman KUR Mandiri 2023 dengan Mudah

- 28 Agustus 2023, 06:45 WIB
Ilustrasi kartu Prakerja.
Ilustrasi kartu Prakerja. /Prakerja/

PR TASIKMALAYA – Alumni program Kartu Prakerja dari pemerintah ternyata bisa dengan mudah mendapatkan modal untuk membangun usaha hingga Rp10 juta.

Modal usaha bisa didapatkan dengan mengajukan pinjaman dari Bank Mandiri melalui program KUR Super Mikro 2023 dengan suku bunga hanya 3 persen efektif per tahun.

Jenis pinjaman dari program tersebut dibagi menjadi dua yakni Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu paling lama 3 tahun dan Pinjaman Investasi (KI) dengan jangka waktu maksimal 5 tahun.

Alumni Prakerja juga diuntungkan karena syarat mengajukan KUR Super Mikro diperbolehkan untuk usaha yang beroperasional di bawah 6 bulan yang tak punya agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup. Alumni dapat menyertakan sertifikat kelulusannya mengikuti program Prakerja.

Baca Juga: Data OJK Edisi April-Juni 2023 Menunjukan Anak Muda sebagai Kelompok Paling Banyak Terjebak Pinjol

Kriteria dan Persyaratan Umum

Bagi Anda yang ingin mengajukan KUR Super Mikro diharuskan belum pernah menerima kredit/pembiayaan investasi/modal kerja komersil sebelumnya, kecuali:

  1. Kredit konsumsi keperluan rumah tangga.
  2. Kredit skema/skala ultra mikro atau serupa.
  3. Pinjaman dari perusahaan layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi atau perusahaan pembiayaan berbasis digital.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan pinjaman ke bank Mandiri adalah sebagai berikut:

  • Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU) Mikro dan Kecil yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari RT/RW, kelurahan/desa, atau lembaga yang memiliki kewenangan, serta surat keterangan serupa sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku.
  • Kartu identitas berupa eKTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP yang dapat menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon debitur.
  • Fotokopi Kartu Keluarga yang merupakan bukti hubungan keluarga dan data anggota keluarga calon debitur.
  • Fotokopi Surat/Akta Nikah/Cerai diperlukan untuk calon debitur yang sudah menikah atau cerai, sebagai bukti status perkawinan.

Baca Juga: Catat! Berikut Jadwal Penerimaan CPNS dan PPPK 2023 Lengkap, dari Pengumuman hingga Penetapan Peserta

Kriteria Khusus

Program KUR Super Mikro memiliki fleksibilitas dalam memberikan kesempatan kepada calon debitur yang memiliki usaha dengan usia kurang dari 6 bulan. Meskipun memiliki usaha baru, calon debitur bisa mendapatkan pinjaman KUR Super Mikro dengan memenuhi salah satu dari persyaratan berikut ini:

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x