Cara Cek Daftar Nama Penerima Bansos PKH 2023 di cekbansos.kemensos.go.id Lewat Ponsel!

- 9 Agustus 2023, 09:12 WIB
Cara cek syarat penerima bansos PKH tahap 3 di situs resmi Kemensos hanya melalui ponsel.
Cara cek syarat penerima bansos PKH tahap 3 di situs resmi Kemensos hanya melalui ponsel. /Pexels/Terje Sollie

PR TASIKMALAYA - Pencairan bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 3 mulai dilakukan sejak Juli 2023. Pemerintah meminta masyarakat rajin mengecek informasi tersebut.

Sebagai informasi, bansos PKH adalah penyaluran dari pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk keluarga tidak mampu atau rentan miskin. Bantuan itu guna membantu masyarakat dalam perekonomian, atau jaring pengaman sosial.

Masyarakat yang telah terdaftar bisa mencairkan bansos PKH tahap 3. Pencairan bantuan berlangsung dari bulan Juli hingga September 2023.

Berikut cara cek daftar nama penerima bansos PKH 2023 di cekbansos.kemensos.go.id lewat ponsel, seperti dilansir PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari indonesia.go.id.

Baca Juga: The First Responders 2 Episode 3 Tayang Kapan? Cari Tahu Jadwal Rilis di Indonesia dan Link Nonton

Pemerintah menyalurkan sejumlah program perlindungan sosial untuk masyarakat tidak mampu dan korban bencana alam. Pada tahun 2023, selain PKH ada juga Program Sembako atau Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

Selain itu, Bantuan Permakanan untuk Lansia dan Disabilitas Mandiri, Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Dikdasmen Kemendikbudristek, serta Beasiswa PIP Kementerian Agama.

Tak hanya itu, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Penerima Bantuan Iuran Kartu Indonesia Sehat/BPJS Kesehatan dan Tanggap Bencana.

Sementara itu, bansos PKH diketahui diberikan dalam empat tahap di tahun 2023. Tahap pertama cair pada Januari hingga Maret 2023, tahap 2 April sampai Juni 2023, tahap 3 Juli hingga September 2023, dan tahap 4 Oktober sampai Desember 2023.

Halaman:

Editor: Aghnia Nurfitriani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x