Siapkan KK dan KTP! Simak Cara Daftar Bansos Kemensos 2023 Online Lewat HP

- 8 Agustus 2023, 17:08 WIB
Ilustrasi - Berikut cara daftar bansos Kemensos 2023 online lewat HP di aplikasi Cek Bansos.
Ilustrasi - Berikut cara daftar bansos Kemensos 2023 online lewat HP di aplikasi Cek Bansos. /ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho.

PR TASIKMALAYA - Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyediakan platform berupa aplikasi Cek Bansos yang bisa digunakan untuk mengusulkan penerima bantuan sosial (bansos). 

Pendaftaran bansos ini dapat dilakukan dengan mudah, hanya perlu handphone (HP) dengan koneksi internet dan berkas berupa Kartu Keluarga (KK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja. 

Bagi yang masih bingung, simak artikel ini sampai selesai karena akan membahas cara daftar bansos Kemensos 2023 secara online lewat HP di aplikasi Cek Bansos. 

Sebagai informasi, masyarakat yang bisa mendaftar atau mengusulkan diri sebagai penerima bansos Kemensos 2023 adalah mereka yang termasuk dalam keluarga miskin atau rentan miskin. 

Baca Juga: The First Responders 2 Episode 3 Tayang Kapan di Disney Plus Indonesia? Cek juga SPOILER dan Link Nonton

Kemudian terdapat dua jenis bansos yang masih disalurkan hingga saat ini oleh Kemensos yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako. 

Kedua bansos Kemensos 2023 ini sama-sama diberikan kepada keluarga miskin dengan nominal yang berbeda. Mengingat khusus untuk PKH, terdapat kriteria khusus penerima dari mulai ibu hamil, anak balita hingga lansia. 

Namun yang pasti, kedua bansos tersebut hanya diberikan kepada penerima yang terdaftar secara online di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Baca Juga: Tindaklanjut KPK Soal Kabar Harun Masiku di Indonesia: Teknis Pencarian Dirumuskan

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x