Cek Fakta: Benarkah Pemakai Obat Hipertensi Golongan Sartan Lebih Rentan Terkena Covid-19?

- 6 April 2020, 19:05 WIB
ILUSTRASI hipertensi.*/DOK. PR

PIKIRAN RAKYAT - Klaim cara menangkal virus corona kian bermunculan di media sosial seiring dengan bertambahnya jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia.

Jumlah pasien positif corona di Indonesia semakin hari semakin bertambah dan membuat masyarakat khawatir. Per 6 April 2020, telah ada sebanyak 2.491 kasus terkonfirmasi positif dengan 192 pasien sembuh.

Berkaitan dengan penambahan pasien positif Covid-19, baru-baru ini beredar sebuah informasi di WhatsApp yang mengklaim bahwa penggunaan obat hipertensi golongan sartan lebih rentan terkena Covid-19.

Baca Juga: Soal Pembebasan Napi Korupsi karena Covid-19, Presiden Jokowi: Tak Pernah Dibahas di Rapat

Informasi melalui WhatsApp tersebut tentang hasil teleconference sejawat FKUI/ RSUI (Prof. Rino, Prof. Suhendro, Prof. Ari F., dr. Aida Lydia, dll) yang menjelaskan bahwa penggunaan obat hipertensi golongan Sartan akan lebih rentan terserang Covid-19.

Hal itu di karenakan obat hipertensi golongan sartan termasuk dalam golongan ACE Inhibitor dimana Covid-19 bermain bersama ACE. Obat-obat konvesional yang dianjurkan adalah Amlodipin, Captopril, dan Nifedipin.

Tangkapan layar hoaks soal obat hipertensi yang bikin rentan virus corona.
Tangkapan layar hoaks soal obat hipertensi yang bikin rentan virus corona. Jala hoaks

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari laman resmi Jakarta Lawan Hoaks, berdasarkan hasil penelurusan di situs alodokter.com dan hellosehat.com, obat hipertensi golongan Sartan seperti Losartan, Valsartan, Irbesartan, dan Candesartan, bukan merupakan golongan ACE Inhibitor.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Tanggal 4-18 April 2020 Akan Jadi Momentum Puncak Sebaran Covid-19?

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Jakarta Lawan Hoaks


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X