Cek Fakta: Benarkah Tanggal 4-18 April 2020 Akan Jadi Momentum Puncak Sebaran Covid-19?

- 6 April 2020, 18:25 WIB
Petugas kesehatan mengambil sampel darah warga saat Rapid Test COVID-19 di Taman Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu 4 April 2020. ANTARA /Novrian Arbi/wsj.

PIKIRAN RAKYAT - Sejak ditetapkan sebagai wabah pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), virus Corona jenis baru yang menyebabkan Covid-19 telah menyebar di 207 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Total kasus positif Covid-19 di seluruh dunia kini telah mencapai 1.274.938 dengan jumlah kematian mencapai 69.498 orang per 6 April 2020.

Di tengah kondisi tersebut, beredar sebuah kabar di WhatsApp yang menyatakan bahwa sejmlah lembaga dan pakar memprediksi puncak penyebaran virus Corona akan terjadi pada 4-18 April 2020.

Baca Juga: Beri Kejutan Ulang Tahun untuk Mama di Tengah Wabah Corona, Tak Ada Ritual Peluk dan Cium

“Mulai besok weekend, jangan keluar rumah mencari makanan atau untuk apa pun, karena hal yang terburuk dimulai. Tanggal inkubasi (14 hari) telah tiba. Dan banyak yg terinfeksi positif akan menunjukkan gejalanya." bunyi pesan berantai tersebut.

Tangkapan layar informasi soal puncak sebaran virus corona.
Tangkapan layar informasi soal puncak sebaran virus corona. Mafindo

"Banyak orang bersin, batuk, dan orang lain bisa tertular, jadi sangat penting utk tetap di rumah, tidak brhubungan /  bertemu dengan orang lain. Sangat berhati-hati adalah sangat penting. Dari 4 April hingga 18 April kita harus menjaga diri kita sendiri, karena kita akan berada di puncak penyebaran virus dalam dua minggu" tulis pesan berantai yang tersebar di WhatsApp.

Pesan berantai tersebut juga berisi sejumlah imbauan yang harus dipatuhi oleh masyarakat.

Baca Juga: Cek Fakta: Covid-19 Merebak, Benarkah Ada Bantuan Rp 2,5 Juta Hanya dengan Kirim Foto KTP?

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Mafindo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X