Transportasi Ini Jadi Pilihan Masyarakat untuk Mudik 2024, Bukan Bus ataupun Sepeda Motor

- 30 Maret 2024, 15:25 WIB
Ilustrasi - mudik.
Ilustrasi - mudik. /Freepik

PR TASIKMALAYA - Menjelang lebaran, akan banyak masyarakat yang memilih untuk mudik ke kampung halaman agar bisa merayakannya bersama keluarga, dan biasanya ada beberapa jenis transportasi yang akan digunakan.

Baik itu transportasi pribadi ataupun umum, kegiatan mudik menjelang lebaran ini memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan meskipun harus terjebak macet, berdesak-desakan dan lain sebagainya.

Begitupun menjelang lebaran 2024 kali ini, tingkat keinginan masyarakat untuk mudik dinilai juga masih tinggi, baik menggunakan bus, kereta api, hingga sepeda motor.

Seperti halnya yang dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya dari unggahan di akun Instagram @indonesiabaik.id dijelaskan bahwa pemerintah telah melakukan survei terkait transportasi yang dipilih oleh masyarakat untuk mudik.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Sholat Taubat Lengkap, Tuntunan Ibadah Arab, Latin, dan Terjemahan

Survei dari Potensi Pergerakan Angkutan Lebaran Tahun 2024 menjelaskan bahwa transportasi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat untuk mudik lebaran 2024 adalah Kereta Api Antar Kota yang mencapai 20,30% atau 39,32 juta orang.

Bus menduduki posisi kedua yakni 19,37% atau 37,621 juta orang, kemudian menggunakan mobil pribadi di posisi ketiga dengan 18,29 persen atau 35,42 juta orang.

Posisi selanjutnya adalah sepeda motor sebenar 16,07% atau 31, 12 juta orang, dan terakhir untuk mobil sewa sebanyak 11,64 juta.

Terkait data ini, tampaknya telah mengalami perubahan dari tahun-tahun sebelumnya, karena pada lebaran 2023 lalu banyak masyarakat yang lebih memilih untuk mudik menggunakan mobil pribadi sebanyak 22,1 persen, dilanjutkan sepeda motor, bus, hingga kereta api antar kota.

Halaman:

Editor: Aghnia Nurfitriani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah