Dijamin Mudah! Simak Tips Ajukan Pinjaman KUR Mandiri Bulan Desember 2023 Lengkap dengan Syaratnya

- 17 Desember 2023, 17:05 WIB
Ilustrasi KUR Mandiri bulan Desember 2023.
Ilustrasi KUR Mandiri bulan Desember 2023. /Unsplash/Mufid Majnun/


PR TASIKMALAYA
-Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan inisiatif pemerintah untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu yang membuka program tersebut adalah Bank Mandiri.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan langkah-langkah dan persyaratan untuk mengajukan KUR Mandiri pada bulan Desember 2023.

Dengan mendapatkan bantuan modal dari KUR Mandiri Desember 2023, para pelaku UMKM bisa mengembangkan usaha mereka agar lebih luas.

Untuk mewujudkan tujuan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, langkah pertama yang perlu diambil adalah meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan. Inisiatif ini bertujuan memberikan akses pembiayaan kepada usaha produktif, dengan fokus khusus pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca Juga: Cek Sektor Ini, Agar Pinjaman KUR Mandiri Anda Diprioritaskan

Selain dari aspek pembiayaan, upaya untuk meningkatkan dan memperluas daya saing UMKM menjadi esensial. Langkah-langkah konkret perlu diambil guna memperkuat kapasitas daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah.

Dengan memberikan dukungan dalam hal pelatihan, sumber daya manusia, dan teknologi, UMKM dapat lebih siap menghadapi tantangan pasar global.

Langkah-langkah proaktif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melibatkan berbagai aspek, termasuk pendukung kebijakan dan program-program yang memberikan kontribusi positif pada perekonomian nasional.

Salah satu dampak positif yang diharapkan dari upaya ini adalah peningkatan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Dengan memberikan akses pembiayaan kepada UMKM, tidak hanya akan terjadi peningkatan produksi dan penjualan, tetapi juga akan menciptakan peluang kerja baru, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya beli masyarakat.

Baca Juga: Bingung Ajukan Pinjaman? Inilah Jenis KUR Mandiri yang Cocok untuk Anda

Syarat Pengajuan KUR Mandiri

Calon penerima KUR mencakup berbagai kelompok, seperti UMKM, pekerja migran Indonesia, pensiunan PNS/TNI/Polri, kelompok usaha bersama, dan lainnya. Beberapa syarat umum meliputi:

- Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Melibatkan kelompok usaha seperti KUBE, Gapoktan, dan lainnya.

- Pekerja yang Terkena PHK
UMKM yang dimiliki oleh pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja.

- Calon Pekerja Migran Indonesia
Persyaratan khusus berlaku, termasuk izin dari orang tua/wali untuk yang berusia di bawah 21 tahun.

- Ibu Rumah Tangga
UMKM yang dimiliki oleh ibu rumah tangga.

Baca Juga: Sektor Usaha Ini Diprioritaskan untuk Pinjaman KUR Mandiri? Cek Infonya di Sini!

Jenis KUR yang Dapat Diberikan

Beberapa jenis KUR yang dapat diberikan kepada calon debitur meliputi:

1. KUR Super Mikro
2. KUR Mikro
3. KUR Kecil
4. KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia (KUR TKI)
5. KUR Khusus

Usaha atau kelompok usaha penerima KUR harus bersifat produktif dan layak dibiayai, menghasilkan barang dan/atau jasa untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan.

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Bank Mandiri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x