Bingung Ajukan Pinjaman? Inilah Jenis KUR Mandiri yang Cocok untuk Anda

- 6 Desember 2023, 18:08 WIB
Ilustrasi - Bank Mandiri menawarkan beberapa jenis KUR yang dirancang untuk mendukung berbagai kebutuhan usaha
Ilustrasi - Bank Mandiri menawarkan beberapa jenis KUR yang dirancang untuk mendukung berbagai kebutuhan usaha /PR Tasikmalaya/Santi Muhrianti

PR TASIKMALAYA - Sebelum Anda mengajukan untuk pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Mandiri, sangat penting untuk memahami perbedaan antara berbagai jenis KUR agar Anda dapat memilih yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Bank Mandiri menawarkan beberapa jenis KUR yang dirancang untuk mendukung berbagai kebutuhan usaha, dan berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan fitur dari masing-masing jenis KUR Bank Mandiri berdasarkan jenisnya.

Jenis pertama adalah KUR Super Mikro, yang memiliki batas kredit maksimal sebesar Rp10 Juta. Jangka waktu pinjaman dapat mencapai 3 tahun atau 5 tahun, dengan suku bunga yang rendah, hanya 3% efektif per tahun. Agunan utama adalah usaha atau objek yang dibiayai, tanpa memerlukan agunan tambahan. 

Syarat utama untuk mengajukan KUR Super Mikro ini adalah bahwa usaha harus beroperasi kurang dari 6 bulan, dengan kriteria tertentu seperti mengikuti pendampingan atau pelatihan kewirausahaan. Plafon per debitur tidak dibatasi, memberikan fleksibilitas besar kepada calon peminjam.

Baca Juga: Strategi Lolos Pengajuan KUR Kecil BRI 2023, Perhatikan 3 Poin Penting Ini

Jenis kedua adalah KUR Mikro dengan limit kredit mulai dari Rp10 Juta hingga Rp100 Juta, dan jangka waktu yang sama dengan KUR Super Mikro. Suku bunga berkisar antara 6% hingga 9% efektif per tahun, tergantung pada jumlah penerimaan KUR sebelumnya.

Seperti KUR Super Mikro, KUR Mikro juga tidak memerlukan agunan tambahan, hanya usaha atau objek yang dibiayai. Minimal operasional usaha untuk pinjaman ini adalah 6 bulan, atau hanya 3 bulan jika calon debitur telah mengikuti pelatihan kewirausahaan dan memiliki usaha.

Namun, perlu diingat bahwa plafon akumulasi KUR Mikro per debitur terbatas dan bergantung pada sektor usaha.

Jenis ketiga adalah KUR Kecil dengan batas kredit lebih tinggi, yaitu mulai dari Rp100 Juta hingga Rp500 Juta, dan jangka waktu maksimal 4 atau 5 tahun. Suku bunga KUR Kecil berkisar antara 6% hingga 9% efektif per tahun, tergantung pada jumlah penerimaan KUR sebelumnya.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x