Belum Usai Wabah Virus Corona yang Mematikan, Kini Muncul Virus Zika dengan Gejala Sama, Dinas Kesehatan Jawa Barat Beri Penjelasan

- 24 Februari 2020, 14:57 WIB
HOAX wabah virus zika di Indonesia.* /Instagram @jabarsaberhoaks

PIKIRAN RAKYAT - Belum usai kabar kengerian wabah virus corona yang dapat menyebabkan kematian hampir diseluruh wilayah Tiongkok, terutama Kota Wuhan.

Tak hanya di Wuhan, puluhan negara telah mengonfirmasi adanya pasien dari negara mereka yang terinfeksi virus corona, bahkan banyak diantaranya yang tak pernah mengunjungi Tiongkok.

Tak habis kengerian warga dunia akibat wabah virus corona, kini masyarakat dibuat geger kembali atas adanya informasi satu virus baru yang memiliki gejala sama, yakni Virus Zika.

Baca Juga: Kalah Unggul dari Anies Baswedan dalam Survei Indo Barometer, Ridwan Kamil Disebut akan Lebih Mengudara di Indonesia

Informasi tersebut pertamakali tersebar lewat beberapa status Whatsapp dengan narasi yang membuat masyarakat makin khawatir, karena menyebut beberapa daerah di Indonesia.

"Setelah virus corona, kini virus zika sangat berbahaya. Hati2 virus Zika sudah sampai Lampung, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

loading...

"Hal ini bisa menjadi endemi yg meresahkan masyarakat. Ciri2 penyakit ZIKA: kepala terasa pusing cenut-cenut, mudah marah/emosi, demam, dan keluar keringat dingin," narasi yang menyebut adanya Virus Zika di Indonesia.

Baca Juga: Untuk Menghidupkan Desa Wisata Jawa Barat, Ada Tiga Kunci Utama yang Harus Benar-benar Dilakukan

Namun, setelah adanya serangkaian penelitian dan pengecekkan, informasi mengenai virus zika yang sama bahayanya dengan virus corona yang sudah masuk ke Indonesia, sudah dipastikan hoaks atau bohong.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari akun Instagram resmi @jabarsaberhoaks, Tim Jabar Saber Hoaks telah memastikan bahwa informasi yang beredar di masyarakat tersebut adalah tidak benar.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Instagram

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X