Kalah Unggul dari Anies Baswedan dalam Survei Indo Barometer, Ridwan Kamil Disebut akan Lebih Mengudara di Indonesia

- 24 Februari 2020, 14:14 WIB
ANIES Baswedan (kiri), Ganjar Pranowo (kedua dari kiri, Ridwan Kamil (kedua dari kanan), Najwa Shihab (kanan).*

PIKIRAN RAKYAT - Beberapa waktu lalu, hasil dari Indo Barometer telah keluar dan menunjukkan data tentang kinerja Pemerintah.

Dalam hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tercatat menjadi Kepala Daerah kedua dalam survei tersebut dengan persentase 65,8 persen.

Sedangkan tingkat elektabilitas Anies Baswedan ialah 31,7 persen dan dalam tingkat pengenalan di angka 91,7 persen dan menjadi yang tertinggi.

Baca Juga: Untuk Menghidupkan Desa Wisata Jawa Barat, Ada Tiga Kunci Utama yang Harus Benar-benar Dilakukan

Namun meski begitu, Pengamat Hukum dan Pemerintahan Universitas Padjadjaran Firman Manan mengatakan, hal tersebut tidak menutup kemungkinan tingkat popularitas Ridwan Kamil meningkat sampai posisi teratas pada tabel elektabilitas calon presiden 2024.

Ia mengatakan bahwa popularitas adalah modal penting dalam pemilihan langsung dan sebagai modal untuk memenangkan pemilu.

"Orang punya integritas, punya kompetensi kalau tidak populer yang kemungkinan kecil dipilih," ujar Firman Manan Senin, 24 Februari 2020.

Firman mengatakan salah satu hal yang harus diperhatikan terkait seorang kandidat yang akan berlaga di pesta demokrasi adalah harus didukung oleh popularitas yang positif atau tidak memunculkan sentimen yang negatif dari isu isu kontroversial.

Ia pun menambahkan bahwa selama masa kinerja Ridwan Kamil, dia tidak mmemiliki hal-hal yang kontroversial.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X