Rumus 20-20 Dapat Mencegah Kelainan pada Mata, ini Penjelasannya

- 18 Oktober 2020, 11:35 WIB
Ilustrasi mata.* /Pixabay

PR TASIKMALAYA – Banyaknya aktifitas di depan layar komputer, televisi, gawai, bahkan membaca buku dalam jarak dekat dapat menyebabkan kesehatan mata terganggu.

Menjaga kesehatan mata tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Tetapi diperlukan kebiasaan dan pola yang tepat untuk tetap mejaga kesehatannya.

Dokter spesialis mata menganjurkan agar masyarakat menerapkan rumus 20-20 dalam memelihara kesehatan mata.

Baca Juga: 6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Salah Satunya Redakan Nyeri Haid

20-20 yaitu istirahatkan mata selama 20 detik setelah bekerja selama 20 menit untuk menjaga kesehatan mata.

dr Zoraya Ariefa Freanthy SPM menyebut, jika penerapan rumus 20-20 tersebut untuk menjaga mata agar tidak terjadi kelainan refraksi seperti mana minus, plus, atau silinder.

Selain itu, risiko kelainan refraksi yang bisa dikenalikan ialah faktor kebiasaan, sementara kelainan refraksi akibat faktor genetik tidak bisa dicegah atau dikendalikan.

Baca Juga: Chelsea vs Southampton: Nyaris Menang, The Blues Kebobolan di Menit Akhir

Lebih lanjut, setiap mata beraktifitas dengan bekerja jarak dekat seperti membaca buku, memandangi layar komputer dan gawai selama 20 menit, disarankan untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat jarak jauh.

Menurutnya, ketika mata istirahat selama 20 menit dan mengalihkan objek pandang mata pada jarak lebih dari lima meter dapat menjaga mata dari kelainan refraksi.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X