5 Tradisi Khas Lebaran yang Tak Lekang Waktu, Idul Fitri Jadi Momen Spesial

- 11 April 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi bagi-bagi THR saat lebaran.
Ilustrasi bagi-bagi THR saat lebaran. /Freepik/queenmoonlite studio/

PR TASIKMALAYA - Usai melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, umat muslim akan merayakan hari kemenangan atau yang dikenal dengan hari raya Idul Fitri.

Biasanya pada saat Idul Fitri, ada beberapa tradisi yang akan selalu terlihat dan dilaksanakan oleh umat muslim di berbagai daerah.

Tradisi di hari raya Idul Fitri ini juga telah dilakukan semenjak lama, sehingga akan sangat tidak asing lagi bagi seluruh masyarakat.

Perlu untuk diketahui juga, kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya ini bukan hanya sekedar tradisi belaka, namun juga menjadi ajang untuk saling bersilaturahmi antar keluarga terutama yang jarang bertemu di waktu biasa.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Yoga untuk Pria yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Atasi Resiko Diabetes

Sehingga dengan hal tersebut, akan banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat saat melaksanakan tradisi lebaran ini.

Diantara beberapa tradisi yang dilakukan oleh umat muslim saat lebaran adalah sebagai berikut, seperti halnya yang dikutip dari laman resmi Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Budaya Republik Indonesia:

1. Mudik

Sudah menjadi hal yang wajar jika menjelang lebaran, biasanya akan banyak masyarakat yang akan melakukan mudik dengan tujuan agar bisa merayakan hari lebaran bersama keluarga tercinta.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah