Program TKM Kemnaker Bantu Tingkatkan Usaha dan Ekonomi Masyarakat Magelang

- 29 Oktober 2020, 06:00 WIB
Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM /Pixabay

PR TASIKMALAYA - Kementerian Tenaga Kerja RI menyelenggarakan program tenaga kerja mandiri (TKM) dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pelaku UMKM terdampak pandemi Covid-19.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang, Agung Widiantoro mengatakan, program TKM ini untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Banyak pelaku usaha kecil yang terpukul akibat pandemi, karena itu mereka harus dimotivasi, dan diarahkan untuk menangkap peluang usaha baru agar segera bangkit dari keterpurukan.

Baca Juga: Komunitas Kresek Kudus, Ubah Sampah jadi Beasiswa Sekolah

25 peserta dari PC Muslimat Kota Magelang dilatih membuat usaha getuk goreng, keripik singkong di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Magelang, Selasa, 27 Oktober 2020 hingga Kamis, 29 Oktober 2020.

“Pelatihan berlangsung singkat tiga hari, tapi kami berharap ibu-ibu bisa terus mempraktikkan ilmunya dan membuka usaha baru.

“Kegiatan ini semacam pembuka cakrawala usaha, setelah itu dikembangkan dan ditumbuhkan lagi ketika kembali ke rumah,” kata Agung, sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com, Rabu, 28 Oktober 2020 dari laman Pemprov Jateng.

Baca Juga: Pencurian Ikan di Natuna, Kapal Vietnam Sering Melakukan Perlawanan

Situasi pandemi sektor ekonomi informal harus tetap tumbuh. Diharapkan peserta pelatihan ini akan membuat simpul-simpul kecil di lingkungannya untuk menggerakkan usaha kecil.

Kota Magelang sebagai kota jasa, menurutnya, masyarakatnya harus kreatif untuk menangkap peluang usaha.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x