Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Mencapai 5% di Tahun 2021 dengan Kondisi Ini!

- 3 Oktober 2020, 12:39 WIB
Gedung Kementerian Keuangan.*
Gedung Kementerian Keuangan.* //Kemenkeu

PR TASIKMALAYA - Febrio Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal mengungkapkan bahwa di tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan dapat mencapai angka 5%.

Dengan mencermati beberapa syarat seperti tersedianya vaksin Covid-19, refromasi untuk investasi, reformasi anggaran, dan perkembangan ekonomi internasional.

"Penting sekali bahwa Pemulihan Ekonomi itu Covid-nya harus tertangani, vaksinnya harus ada, sisi demand, sisi supply harus dilanjutkan supportnya, akselerasi reformasi harus dilakukan (seperti) Omnibus Law Cipta Kerja, reformasi anggaran dan lembaga pengelola investasi harus kita lakukan untuk menarik investasinya supaya positif," Febrio menerangkan secara virtual dalam Dialogue Kita edisi Oktober 2020 hari Jumat, 2 Oktober 2020.

Baca Juga: Pep Guardiola Sanjung Manajer Leeds United sebagai Anugerah Liga Premier

Ia mengatakan, jangan sampai investasi 2021 belum tumbuh.

"Tentunya ini juga tergantung dari pola pertumbuhan ekonomi global terutama negara maju dan partner utama kita untuk berdagang seperti Cina, US dan Jepang," sambungnya. 

Dalam rancangan postur APBN 2021, terdapat defisit 5,7% dari PDB karena belanja tidak turun, masih di kisaran Rp 2.750 triliun, transfer daerah juga naik.

Sebagai motor, pemerintah berharap itu dimanfaatkan sebagai kebijakan countercyclical.

Baca Juga: Donald Trump Positif Covid-19, Vladimir Putin hingga Erdogan Turut Berikan Tanggapan

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Kementerian Keuangan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x