Ingin Kembangkan UMKM dengan KUR? Inilah Cara Pengajuan Pinjaman

- 15 September 2023, 16:08 WIB
Program KUR ini adalah inisiatif pemerintah untuk membantu UMKM yang sebelumnya kesulitan akses layanan keuangan atau pembiayaan terjamin.
Program KUR ini adalah inisiatif pemerintah untuk membantu UMKM yang sebelumnya kesulitan akses layanan keuangan atau pembiayaan terjamin. /Pixabay/IqbalStock

PR TASIKMALAYA - Peningkatan literasi dan inklusi keuangan merupakan faktor penting dalam pembangunan ekonomi, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta koperasi, yang memainkan peran sentral dalam perekonomian.

Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan UMKM ini adalah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR adalah fasilitas kredit atau pembiayaan yang disediakan untuk modal kerja dan/atau investasi, khususnya untuk UMKM dan koperasi yang memiliki potensi produktif namun belum memiliki agunan tambahan yang memadai.

Program KUR ini adalah inisiatif pemerintah untuk membantu UMKM yang sebelumnya kesulitan mengakses layanan keuangan atau pembiayaan yang terjamin, sehingga mereka dapat mengembangkan usaha mereka dengan lebih baik.

Baca Juga: Kiyowo! Temukan Perbedaan Gambar Anak yang Lucu Ini untuk Selesaikan Tes IQ

Dalam mengajukan KUR, salah satu syarat utama yang harus dipenuhi adalah memiliki usaha yang produktif dan layak.

Usaha produktif adalah usaha yang mampu menghasilkan barang atau jasa yang memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan bagi pemilik usaha.

Sementara itu, usaha yang dianggap "layak" adalah usaha yang mampu menghasilkan laba yang cukup untuk membayar bunga atau margin serta melunasi kewajiban pokok kredit atau pembiayaan dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Ada beberapa syarat umum yang harus dipenuhi oleh calon debitur KUR.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah