Alasan Pengajuan KUR BRI 2023 Pasti Ditolak Bank, Kenali Faktornya

- 27 Agustus 2023, 08:14 WIB
Ilustrasi bank BRI.
Ilustrasi bank BRI. /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

PR TASIKMALAYA – Pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berupaya membantu pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pola pinjaman.

Salah satu bank yang menyediakan penyaluran KUR pada tahun 2023 adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Triliunan rupiah disalurkan BRI melalui KUR.

UMKM dapat mengajukan pinjaman KUR untuk mendapatkan bantuan pembiayaan langsung ke bank BRI terdekat. Namun, tidak semuanya akan disetujui pengajuannya.

BRI bisa saja menolak pengajuan pinjaman UMKM karena berbagai macam faktor salah satunya riwayat kredit atau lebih dikenal sebagai BI Checking atau kini disebut Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK.

Baca Juga: Tes Kepribadian Edisi Jomblo: Ungkap Alasanmu Menyendiri dan Masih Betah Single

Apa Itu SLIK?

Setiap kredit yang Anda ajukan, seperti KPR hingga pinjaman lain, akan tercatat dalam SLIK sehingga bank bisa mengecek apakah Anda merupakan orang yang bisa dipercaya melakukan pinjaman.

Aktivitas kredit dapat diukur dari skala 1-5 yang disebut dengan Kolektibilitas (Kol). Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi BRI untuk menyetujui pengajuan KUR Anda atau tidak.

Berikut penjelasan masing-masing Kol:

Baca Juga: Segera Cairkan PKH Tahap 3! Cek di Sini Penerimanya dan Dapatkan Bantuan Rp750.000

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah