Hoaks atau Fakta: Beredar Video PDIP Berikan Instruksi Kepada Seseorang untuk Membakar Benderanya

- 30 Juni 2020, 07:30 WIB
HOAKS - Di media sosial Facebook sebuah video yang diklaim berisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah memberi instruksi.* /Turn Back Hoax MAFINDO

PR TASIKMALAYA – Beredar di media sosial Facebook sebuah video yang diklaim berisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah memberi instruksi.

Unggahan terkait dibagikan oleh akun bernama @Laki menyebarkan sebuah video yang di dalamnya terdapat klaim “PDIP menyuruh orang untuk membakar bendera PDIP”.

Video berdurasi satu menit tersebut memperlihatkan seorang pria tengah duduk dan diinterogasi oleh beberapa orang lainnya.

Baca Juga: Hoaks atau Fakta: Bill Gates akan Luncurkan Kapsul Implan Manusia untuk Melawan Virus Corona

Hingga kemarin, sebaran akun @Laki telah dibagikan sebanyak satu kali dan mendapat 33 komentar dari pengguna Facebook lainnya.

Ditelusuri oleh tim PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari berbagai sumber, ternyata klaim yang terdapat dalam video tersebut adalah tidak tepat.

Coba melakukan pencarian fakta melalui mesin pencari gambar milik google, diketahui bahwa padanan gambar serupa pernah digunakan oleh beberapa media untuk memberitakan kejadian pada tahun 2018.

Baca Juga: Tak Mau Kalah Saing, Donald Trump Tuduh Iklan Kampanye Milik Joe Biden 'Palsu' dan Penuh Kebohongan

Seperti dijelaskan dalam unggahan keterangan akun Instagram Turnbackhoax, Salah satu media daring Indonesia yang menggunakan padanan gambar serupa dengan judul artikel “Ini Tampang Pelaku Perusak Baliho SBY di Pekanbaru” yang terbit pada 15 Desember 2018.

Mengutip pemberitaan media terkait, dijelaskan bahwa terduga pelaku perusak baliho penyambutan SBY hingga atribut Partai Demokrat di Pekanbaru. Riau telah diamankan oleh pihak berwajib.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X