Hoaks atau Fakta: Pembakar Bendera PDIP adalah Anggotanya Sendiri yang Menyamar Ikut Tolak RUU HIP

- 27 Juni 2020, 15:35 WIB
Beredar informasi pembakar bendera PDIP adalah anggotanya sendiri yang menyamar ikut tolak RUU HIP, namun faktanya seorang penyusup.* //Turn Back Hoax MAFINDO

PR TASIKMALAYA – Beredar di media sosial Facebook informasi yang menyebutkan bahwa pembakar bendera PDI Perjuangan (PDIP) merupakan anggota atau simpatisan PDIP, yang menyamar ikut aksi tolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Pemilik akun facebook Azza  mengunggah tangkapan layar berisi narasi tersebut, Jumat 26 Juni 2020. Pada tangkapan layar tampak logo situs salah satu media Indonesia dan tertanggal 24 Juni 2020.

Berikut penggalan narasinya, "PEMBAKAR BENDERA PDI-P TERNYATA ADALAH ANGGOTA SIMPATISAN PDI-P SENDIRI YG MENYAMAR IKUT AKSI TOLAK RUU HIP." 

Baca Juga: Tidak Monoton, Berikut 5 Zodiak Paling Komunikatif dan Menyenangkan dalam Berdiskusi

Dalam tangkapan layar itu juga tampak dua buah foto. Pertama, foto yang memperlihatkan sejumlah orang yang membakar bendera PDIP

dan kedua, foto memperlihatkan seorang aparat berseragam dan seseorang yang menggunakan peci tanpa baju.

loading...

"Untung saja aparat kepolisan cepat sigap," seperti yang tertulis pada tangkapan layar.

Baca Juga: Tukang Cuanki Terekam Kamera CCTV Tengah Ludahi Mangkuk Pembeli, Penjual: itu untuk Pelaris

Dilansir PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari unggahn keterangan Instagram Turnbackhoax, klaim bahwa pembakar bendera PDI Perjuangan (PDIP) adalah anggota simpatisan PDIP sendiri yang menyusup ke aksi tolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) adalah klaim yang salah.

Gambar tersebut adalah gaya plintiran daur ulang. Tangkapan layar tersebut palsu karena media terkait tidak pernah membuat artikel seperti tangkapan layar tersebut.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Kominfo, Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X