Sabtu, 29 Februari 2020

Lindungi Privasi Chat, Berikut Cara Aktifkan Fitur Passcode Lock pada Telegram

- 14 Februari 2020, 18:56 WIB
Lindungi Privasi Chat, Berikut Cara Aktifkan Fitur Passcode Lock pada Telegram.* /Tech Viral

PIKIRAN RAKYAT - Seiring berkembangnya teknologi, kini semakin banyak aplikasi pesan instan yang tersedia untuk Android, seperti WhatsApp, Telegram, LINE, dan lain-lain.

Aplikasi pesan instan yang paling populer saat ini yaitu WhatsApp. Pengguna berbondong-bondong menggunakan aplikasi ini ditambah dengan adanya fitur update status yang memungkinkan seseorang untuk melihat aktivitas teman yang satu kontak di WhatsApp.

Baca Juga: Gencar Perangi Virus Corona, RSUD Singaparna Medika Citrautama Lakukan Sosialiasi PHBS

Namun, jika dilihat dari segi fitur privasi, WhatsApp masih dinilai lemah dan tidak menjamin penuh keamanannya.

Berbicara tentang privasi, sampai saat ini memang tidak ada yang bisa mengalahkan Telegram. Telegram menyediakan banyak fitur privasi yang dapat digunakan agar data pribadi penggunanya tetap aman dan terlindungi.

Salah satu fitur tersebut adalah kunci kode sandi atau passcode lock. Kunci kode sandi di Telegram dimaksudkan untuk menjaga obrolan tetap tersembunyi.

Baca Juga: Sederhana Penuh Makna, 4 Alasan Ucapkan Selamat Pagi Mampu Jalin Hubungan Positif dengan Pasangan

Jika suatu saat ponsel dalam keadaan tidak terkunci, dengan adanya fitur ini, seseorang tidak perlu khawatir jika orang lain bisa membaca obrolan Telegram.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Tech Viral, berikut langkah sederhana untuk mengaktifkan fitur kunci kode sandi pada Telegram:

Pertama, buka Telegram Messenger di perangkat Android. Selanjutnya, ketuk pada tiga garis horizontal di sudut kiri atas dan ketuk pada 'Pengaturan'.

Setelah itu akan muncul nama pada Telegram beserta informasi akunnya. Pada menu pengaturan, ketuk opsi 'Privasi dan Keamanan' .

Baca Juga: Rencanakan Pembangunan dan Pengentasan Kemiskinan, Pemkot Tasikmalaya Lakukan Sensus Online

Di bawah tab Keamanan, ketuk 'Kunci Kode Sandi'. Lalu, ketuk tombol sakelar untuk mengaktifkan kunci Kode Sandi.

Lalu, masukkan kode sandi berupa empat angka dan pindah ke layar beranda. Di sudut kanan atas, perlu mengetuk ikon 'Kunci' untuk mengunci aplikasi telegram. Ketika akan membuka aplikasi, dengan otomatis ia akan meminta untuk memasukkan kode sandi.***

 


Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Tech Viral

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X