Sabtu, 29 Februari 2020

Gencar Perangi Virus Corona, RSUD Singaparna Medika Citrautama Lakukan Sosialiasi PHBS

- 14 Februari 2020, 18:47 WIB
Para pembesuk pasien di RSUD Singaparna Medila Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan edukasi pencegahan virus corona dari petugas kesehatan rumah sakit pada Jumat, 14 Februari 2020.* /KP/ Aris MF

PIKIRAN RAKYAT - Para pembesuk pasien di RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan edukasi pencegahan virus corona dari petugas kesehatan rumah sakit pada Jumat, 14 Februari 2020.

Tidak hanya dijelaskan petugas, keluarga pasien juga mendapatkan selebaran berisi pencegahan corona untuk dibawa pulang.

Hidup bersih dengan selalu mencuci tangan dan memakai masker bisa jadi solusi jitu mencegah virus corona dan virus lainya yang menyerang tubuh.

Baca Juga: Sederhana Penuh Makna, 4 Alasan Ucapkan Selamat Pagi Mampu Jalin Hubungan Positif dengan Pasangan

Petugas juga memandu tata cara mencuci tangan yang benar agar terhindar dari berbagai virus. Bagi keluarga pasien, bisa mempraktekan cara bersih tangan dengan benar, maka petugas akan memberikan hadiah cokelat.

"Jadi kami, Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya sudah lakukan sosialisasi pencegahan virus corona. Utamanya pada tenaga medis di Puskesmas dan rumah sakit. Supaya disampaikan pula ke masyarakat," jelas Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, dr. Heru Suharto.

Selain menyasar petugas medis, puskesmas, rumah sakit hingga masyarakat luas, sosialisasi pencegahan virus corona juga dilakukan dengan menyebar brosur dan memasang spanduk di jalanan.

Baca Juga: Rencanakan Pembangunan dan Pengentasan Kemiskinan, Pemkot Tasikmalaya Lakukan Sensus Online

Keluarga pasien mengaku senang mendapat pengetahuan terkait virus corona. mereka tidak lagi khawatir terjangkit jika menjaga pola hidup sehat. Keluarga pasien berniat menyebarkan informasi ini di kampung halamanya.

"Saya kesini mau besuk sodara yang lahiran. Pas lagi nunggu, eh ada sosialisasi pencegahan bahaya virus corona. Saya simak untuk pengetahuan saya, karena memang sedang booming virus itu," ujar Ruhimat warga kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Pihak RSUD SMC mengaku, telah menyiapkan ruangan khusus untuk proses transfer rujukan pasien corona.

Baca Juga: Buntut Kasus Narkoba B.I, Mantan CEO YG Entertainment Dituntut karena Mengancam Informan Dalam Investigasi

Namun, sejauh ini belum ditemukan pasien dengan gejala menyerupai suspect corona. Dan bila nanti ditemukan pasien dengan gejala corona, akan seger dirujuk menuju Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

"Jadi kita sosialisasi terus. Bagi-bagi info kepada masyarakat dan keluarga pasien. Biar makin seru, tadi kita sosialisasi sambil bagi coklat," ujar Kabid Kemedikaan RSUD SMC Tasikmalaya, dr. Adi Widodo.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya juga pastikan ketersediaan masker dalam jumlah cukup. Masker bisa didapatkan dengan mudah di puskesmas, rumah sakit hingga apotek. Sosialisasi ini kian gencar digelar jelang pemulangan WNI dari Tiongkok yang sempat di karantina di Natuna.***


Editor: Tyas Siti Gantina

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X