Arab Saudi Tangguhkan Izin Visa Karena Virus Corona, Jemaah Umrah Asal Tasikmalaya Terancam Gagal Berangkat

- 27 Februari 2020, 20:01 WIB
PENDAFTAR umroh tengah mengurus administrasi di kantor Kementrian Agama Kabupaten Tasikmalaya, kamis (27/2/2020). *


PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 38 calon jemaah ibadah umrah asal Kabupaten Tasikmalaya yang akan terbang pada Kamis 27 Februari 2020 malam kini mengalami kendala pemberangkatan ke tanah suci mekah, pasca keluarnya kebijakan penangguhan izin visa perjalanan wisata dan umrah oleh pemerintah Arab Saudi.

Kebijakan ini dikeluarkan sebagai kewaspadaan Pemerintah Arab Saudi atas mewabahnya virus corona.

Ke-38 calon jemaah umrah ini berangkat dari KBIH Kanomas Arci Wisata Tour And Travel Haji dan Umrah Priangan Timur yang berangkat dari Tasikmalaya pada Kamis 27 Februari 2020 pagi.

Baca Juga: Wujudkan SDM yang Berkualitas, Seratus Peserta WUB Disperindag Ikut Pelatihan Manajemen Usaha

Mereka bersama ratusan calon jemaah umrah lainnya tertahan di Bandara Soekarno Hatta tanpa ada kepastian kapan penjadwalan akan berangkan ke tanah suci.

Dalam catatan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya sendiri, tercatat ada sebanyak 174 calon jemaah umrah asal Kabupaten Tasikmalaya yang sudah mendaftar akan berangkat umrah hingga bulan april depan.

Mereka berangkat dari berbagai travel berbeda, namun telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Agama.

Jika kebijakan penangguhan ijin visa ini terus diberlakukan tanpa ada kepastikan kapan akan dicabut kembali, maka mereka semua dipastikan bakal gagal berangkat.

Baca Juga: Biaya Study Tour Menjadi Motif Pembunuhan Siswi Delis, Wakasek SMPN 6 Tasikmalaya Buka Suara

Dijelaskan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Dedi Anwar Muhtadin, jika pihaknya sudah berkonsultasi ke kanwil Kemenag provinsi Jawa Barat terkait keluarnya kebijakan penanguhan visa oleh pemerintah Arab Saudi. Pihaknya pun hanya bisa pasrah dan menghormati kebijakan tersebut.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X