BPNT dan BLT El Nino Kapan Cair? Ini Dia Jawaban dan Syarat untuk Cairkan Bansosnya

- 4 Desember 2023, 06:00 WIB
Simak informasi pencairan BLT El Nino dan BPNT bulan Desember 2023.
Simak informasi pencairan BLT El Nino dan BPNT bulan Desember 2023. /Pixabay/Eko Anung.

PR TASIKMALAYA - Memasuki awal bulan Desember 2023, tak sedikit masyarakat yang sudah menunggu penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah, khususnya Bantuan Pangan Non Tunai dan BLT El Nino. Lantas kapan BLT El Nino dan BPNT cair?

Berdasarkan jadwal pencairan yang telah ditentukan Kementerian Sosial (Kemensos), BPNT akan disalurkan setiap bulan, termasuk bulan Desember ini. Namun bila bulan November sebelumnya, bansos ini belum cair. Maka Kemensos akan menyalurkan sekaligus untuk dua bulan menjadi Rp400.000. 

Sementara itu, untuk BLT El Nino, pemerintah menyalurkannya untuk dua blan sekaligus yakni November dan Desember 2023. Jika bantuan ini belum cair bulan November, maka kemungkinan besar akan cair pada Desember 2023 dengan besaran Rp400.000 per penerima. 

Lalu siapa dan apa saja syarat untuk memperoleh kedua bansos dari pemerintah tersebut? Berikut ini PikiranRakyat-Tasikmalaya.com akan merangkum jawabannya secara lengkap hingga cara pencairannya. 

Baca Juga: BPNT Desember Cair? Simak Informasinya dan Cara Cek Bantuannya di Sini

Syarat Penerima BPNT dan BLT El Nino

Setelah pemerintah mengumumkan adanya BLT El Nino sebagai bantuan tambahan untuk masyarakat miskin yang terdampak fenomena El Nino, banyak keluarga yang penasaran dengan syarat dari penerima bansos tersebut. 

Seperti kebanyakan bansos lainnya, syarat untuk mendapat BLT El Nino adalah penerima harus merupakan dari keluarga miskin atau rentan miskin dan terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Jika kedua syarat tersebut sudah terpenuhi, penerima bisa menunggu informasi pencairan yang diumumkan oleh pemerinta Kemudian terkait besaran bantuan, pemerintah menyiapkan Rp400.000 untuk satu orang penerima. 

Bantuan tersebut nantinya dapat dicairkan oleh penerima lewat Bank Himbara seperti BRI, BNI, BTN atau Mandiri terdekat. 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x