BPNT Desember Cair? Simak Informasinya dan Cara Cek Bantuannya di Sini

- 3 Desember 2023, 07:38 WIB
Ilustrasi BPNT bulan Desember 2023.
Ilustrasi BPNT bulan Desember 2023. //ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.

PR TASIKMALAYA - Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako merupakan salah satu bantuan sosial (bansos) yang rutin disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) setap tahun, termasuk pada 2023 ini. 

Memasuki awal bulan Desember 2023, Kemensos mulai bersiap mendistribusikan BPNT Kartu Sembako dengan besaran Rp200.000 per penerima. Namun sebelum itu, masyarakat harus memastikan terlebih dahulu sudah terdaftar atau belum di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Untuk mengetahuinya, dapat dilakukan cek bantuan BPNT 2023 secara online dengan hanya membuka laman resmi cekbansos.kemensos.go.id dan kemudian cairkan bantuannya sesuai tangal yang sudah ditetapkan. 

Sebelum itu, perlu diingat bahwa BPNT Kartu Sembako ini adalah bantuan khusus yang diberikan Kemensos untuk keluarga miskin atau rentan miskin. 

Baca Juga: Cara Dapat BLT El Nino, PKH, BPNT dan Bansos Lain Terbaru Desember 2023

Kapan BPNT Cair? 

BPNT atau Kartu Sembako biasanya cair setiap bulan dengan besaran Rp200.000 per penerima. Namun tak jarang Kemensos mencairkan bantuan ini sekaligus untuk beberapa bulan. 

Jika bulan November 2023 kemarin Kemensos belum mencairkan BPNT, maka kemungkinan besar bansos ini akan disatukan dengan bulan Desember 2023 ini, sehingga besaran bantuannya menjadi Rp400.000 per penerima. 

Bantuan Kartu Sembako tersebut diberikan untuk membantu keluarga miskin dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka. Oleh sebab itu, penerima harus membelanjakan uang bantuan ini dengan membeli kebutuhan seperti beras, telur hingga buah-buahan. 

Jika Anda memenuhi syarat tapi belum memperoleh bantuan sosial ini, maka lakukan pengecekkan secara online dengan cara berikut: 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x