Pencairan BLT El Nino Kapan? Cek dengan Cara Mudah

- 18 November 2023, 11:11 WIB
Ilustrasi BLT El Nino.
Ilustrasi BLT El Nino. /Antara/Adeng Bustomi/

PR TASIKMALAYA – Buruan cek dengan mudah pencairan BLT El Nino dari pemerintah yang dijadwalkan ditransfer pada bulan November dan Desember 2023.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino merupakan bantuan sosial (bansos) untuk keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak dan terdampak fenomena alam tersebut.

Nilai bantuan yang akan didapatkan masyarakat adalah Rp400 ribu untuk meringankan beban masyarakaan dampak El Nino yang menyebabkan kekeringan hingga harga bahan pangan naik.

Namun, kapan sebetulanya pencairan BLT El Nino dilakukan oleh pemerintah dan bagaimana cara mengeceknya?

Baca Juga: BSI KUR Kecil Siapkan Modal Besar Anti Riba untuk Anda, Cek Pengajuannya di Sini

Kapan BLT El Nino Cair?

Bansos ini awalnya direncanakan dicairkan dalam dua tahapan, yakni sebesar Rp200 ribu untuk bulan November dan Desember 2023. Namun, terdapat perubahan skema penyaluran, dan kini pemerintah memutuskan untuk menyalurkan secara langsung Rp400 ribu dalam satu kali pencairan.

Langkah ini diambil untuk memastikan bantuan segera diterima oleh masyarakat yang membutuhkan. Pemerintah tidak memberikan tanggal pasti kapan disalurkan sehingga masyarakat dapat melakukan pengecekan secara bertahap.

Perlu diingat bahwa penerima BLT El Nino merupakan masyarakat rentan dan miskin serta terdampak El Nino. Masyarakat juga harus sudah terdata dalam DTKS Kemensos.

Baca Juga: Cek Bantuan BLT El Nino 2023 untuk Dapat Bansos Rp400.000

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x