Telat Bayar Angsuran KUR BRI? Awas, Ini 3 Dampak Buruknya

- 17 November 2023, 06:00 WIB
Foto Ilustrasi animasi terlambat membayar angsuran KUR BRI.
Foto Ilustrasi animasi terlambat membayar angsuran KUR BRI. /Freepik/Studiogstock/

PR TASIKMALAYA - Dana pinjaman besar selalu menggiurkan untuk didapatkan, salah satunya seperti program KUR BRI. Namun, seringkali membayar angsuran adalah hal yang disepelekan.

Dalam hal ini, sebagai seorang peminjam seharusnya membagi banyak hal dalam kolom prioritasnya. Maka pada saat bergabung pada program pinjaman KUR BRI, membayar angsuran harus masuk ke kolom tersebut.

Menyepelekan pembayaran angsuran KUR BRI, berarti tidak bertanggung jawab dalam bertindak. Itu dapat mempengaruhi kepercayaan pihak lain pada Anda selaku peminjam.

Oleh karenanya, untuk menjadi pengusaha yang sukses dengan mengembangkan usaha melalui dana pinjaman KUR BRI, perlu untuk mengetahui apa saja dampak buruk yang akan terjadi jika seandainya angsuran terlambat dibayar.

Baca Juga: Heboh! Bocoran Cara Mudah Dapatkan KUR BRI

Dampak Buruk Telat Bayar KUR BRI

1. Skor kredit memburuk

Dalam mengikuti program KUR BRI, calon debitur akan dihadapkan pada salah satu format bernama skor kredit. Di sana akan diperlihatkan kualitas kegiatan pinjaman yang dilakukan.

Jika dalam satu kali peminjaman, Anda melakukan keterlambatan pembayaran hingga satu bulan misalnya, itu akan membuat kualitas skor kredit memburuk.

Lalu apa dampak dari skor kredit dengan kualitas yang buruk? Selanjutnya itu akan menjadi riwayat yang harus Anda perlihatkan dalam program pinjaman lainnya. Hal itu lebih rentan membuat kesulitan yang baru bagi program yang Anda incar selanjutnya.

Baca Juga: Pegadaian Sediakan KUR Syariah untuk Pemilik UMKM? Cek Cara Pengajuannya di Sini!

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah