Cara Mendapatkan Bantuan BLT El Nino, Simak Juga Syaratnya DI SINI!

- 9 November 2023, 13:34 WIB
Ilustrasi - Berikut ini Kami akan memberikan informasi mengenai cara beserta syarat untuk mendapatkan BLT El Nino.
Ilustrasi - Berikut ini Kami akan memberikan informasi mengenai cara beserta syarat untuk mendapatkan BLT El Nino. /Pixabay/Iqbal Nuril Anwar

PR TASIKMALAYA - Fenomena El Nino terjadi sepanjang tahun 2023, menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah dan mengakibatkan dampak buruk terhadap kehidupan rakyat.

Dampak yang paling signifikan adalah bidang pertanian, dan hal ini membuat banyak orang juga kehilangan mata pencahariannya. Sebab itu, pemerintah menyediakan BLT El Nino.

BLT (Bantuan Langsung Tunai) El Nino ini disediakan pemerintah untuk warga miskin atau rentan miskin yang terdampak perubahan iklim sepanjang tahun ini.

Sementara itu, BLT El Nino ini akan memberikan dana tunai langsung sebesar Rp 200.000 per orang setiap bulannya dalam periode November-Desember.

Baca Juga: Tingkatkan Peluang Mendapatkan Bantuan Permodalan dari KUR Syariah Pegadaian 2023 untuk Pelaku Usaha dan UMKM

Syarat mendapatkan BLT EL Nino

1. Pastikan Kamu sudah terdaftar sebagai PM di DTKS

Kamu harus memastikan namamu sudah terdaftar sebagai Penerima Manfaat (PM) di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), di mana nama-nama yang ada di DTKS adalah mereka yang sudah lolos tahap pendataan beberapa waktu lalu.

Pendataan ini sudah dilakukan pemerintah beberapa waktu lalu, dengan melakukan survei ke setiap rumah warga dan disaring mana yang benar-benar miskin dan/atau rentan miskin untuk bisa mendapat bansos.

Baca Juga: Prediksi Ending Loki Season 2: Mobius Miliki Pilihan Sulit untuk Kembali ke TVA?

Jika Kamu sudah lolos pendataan dari pemerintah, namamu tentu akan tertera di dalam DTKS dan layak serta berhak untuk mendapat BLT El Nino atau bansos lainnya.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x