Cek BLT El Nino dan PKH 2023 Lewat HP, Buka Link Ini Segera!

- 8 November 2023, 09:43 WIB
Ilustrasi BLT El Nino dan PKH.
Ilustrasi BLT El Nino dan PKH. /ANTARA FOTO/Novrian Arbi/

PR TASIKMALAYA - BLT El Nino dan Program Keluarga Harapan (PKH) tampaknya akan mulai disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) pada November 2023. 

Kedua bantuan sosial (bansos) tersebut sama-sama diberikan kepada keluarga miskin atau rentan miskin yang memenuhi ketentuan. 

Bagi yang penasaran dapat dilakukan cek BLT El Nino dan PKH 2023 secara online lewat handphone (HP) dengan membuka laman cekbansos.kemensos.go.id. 

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa ada perbedaan antara BLT El Nino dengan PKH, di mana untuk BLT El Nino merupakan bansos baru yang diberikan di bulan November dan Desember 2023 saja.

Baca Juga: BLT El Nino Kapan Cair? Simak Jawabannya dan Kenali Ketentuannya di Sini

Sementara, PKH merupakan bantuan yang rutin diberikan setiap tahun dalam empat tahap, dan saat ini tengah memasuki periode tahap 4. 

Untuk besaran bantuannya, BLT El Nino diberikan sebesar Rp400.000 per penerima untuk dua bulan. Kemudian untuk PKH, bantuan diberikan sesuai kategori yang dipenuhi oleh pemerintah.

Seperti untuk ibu hamil dan anak usia dini, bantuan disalurkan sebesar Rp750.000 untuk masing-masing kategorinya. Lalu untuk penyandang disabilitas berat dan lansia, diberikan masing-masingnya senilai Rp600.000. 

Sedangkan untuk anak sekolah, bantuan didistribusikan sesuai jenjang pendidikan seperti siswa SMA/sederajat dengan Rp500.000, siswa SMP/sederajat Rp375.000 dan siswa SD/sederajat dengan Rp225.000. 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x