Peran Penting SLIK untuk Ajukan Pinjaman KUR Mandiri 2023!

- 2 September 2023, 06:24 WIB
Ilustrasi - Peran Penting SLIK untuk Ajukan KUR Mandiri 2023!
Ilustrasi - Peran Penting SLIK untuk Ajukan KUR Mandiri 2023! /Pixabay/Iqbal Nuril

PR TASIKMALAYA - Apakah ada hubungannya SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) dengan syarat pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) Mandiri 2023?

Seperti diketahui bahwa SLIK merupakan catatan kredit seseorang yang pernah melakukan pinjaman di Lembaga Keuangan atau aplikasi penyedia dana keuangan atau istilahnya sekarang, pinjaman online.

Lancar tidaknya kredit seseorang, bisa dilihat dari SLIK OJK. Oleh karena itu, hal ini pasti berpengaruh terhadap pengajuan pinjaman KUR Mandiri 2023.

Calon debitur yang memiliki skor kredit buruk di SLIK OJK, kemungkinan akan sulit mengajukan pinjaman KUR Mandiri 2023, atau bahkan pinjaman dalam bentuk lainnya.

Baca Juga: Penelitian: Orang yang Suka Cemas Adalah Ciri-cri Orang Cerdas, Benarkah?

Pasalnya, salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman KUR Mandiri 2023 adalah dengan memiliki catatan baik atau track record yang bagus di SLIK.

Sementara itu, dalam SLIK sendiri ada lima skor kredit yang mengklasifikasikan para calon debutur tergantung lancar tidaknya kredit yang pernah mereka lakukan.

Skor kredit 1 menyatakan bahwa debitur memiliki catatan kredit yang baik dan lancar, sementara skor kredit 2 masih dalam tahap pengawasan karena debitur pernah menunggak atau telat membayar dalam jangka waktu 1-90 hari.

Sementara skor kredit 3 hingga 5, sudah masuk blacklist OJK karena peminjam pernah menunggak dalam jangka waktu 91 hingga lebih dari 180 hari.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x