KUR BRI 2023: Solusi Cerdas Atasi Masalah Modal Usaha

- 28 Agustus 2023, 20:49 WIB
Ilutrasi uang rupiah.
Ilutrasi uang rupiah. /Pixabay/IqbalStock

PR TASIKMALAYA – Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi solusi cerdas untuk mengatasi masalah modal usaha bagi para pelaku usaha.

Pelaku usaha akan mendapatkan pinjaman dana dengan bunga kompetitif dan manfaat lainnya dengan mengajukan KUR BRI 2023.

Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman juga fleksibel karena tujuannya untuk menyasar banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang produktif.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai KUR BRI dan bagaimana prosedur pengajuannya di bank.

Baca Juga: Lakukan Sinkronisasi Jelang Peresmian LRT Jabodebek, Erick Thohir: Keselamatan Penumpang jadi Prioritas

Apa Itu KUR?

KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah program pinjaman atau pembiayaan yang dikhususkan untuk modal kerja dan/atau investasi bagi UMKM dalam sektor usaha yang dianggap produktif dan memenuhi syarat.

Proses Dapat KUR BRI 2023

Proses mendapatkan KUR oleh UMKM dari BRI adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Viral Rekaman Momen Seorang Ibu Jambret Tas di Keramaian, Nasibnya Sesuai Keinginan Netizen

  1. UMKM mengajukan permohonan KUR ke Bank dengan melampirkan berbagai dokumen seperti legalitas usaha, izin usaha, laporan keuangan, dan lain sebagainya.
  2. Bank melakukan evaluasi dan analisis terhadap kelayakan usaha  UMKM berdasarkan informasi yang diajukan dalam permohonan tersebut.
  3. Jika menurut penilaian Bank usaha UMKM dianggap layak, maka Bank akan menyetujui permohonan KUR. Keputusan ini sepenuhnya menjadi wewenang Bank.
  4. Bank dan UMKM akan melakukan penandatanganan Perjanjian Kredit atau Pembiayaan yang mengatur detail pinjaman, syarat dan ketentuan pembayaran, serta hak dan kewajiban masing-masing pihak.
  5. UMKM diwajibkan untuk membayar angsuran atau melunasi kewajiban pengembalian KUR kepada Bank sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan.

Dengan demikian, KUR memberikan kesempatan bagi UMKM yang memiliki potensi namun belum memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman, untuk mendapatkan dukungan keuangan dalam mengembangkan usaha mereka.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah