BLT Dana Desa Disalurkan, Cair Rp900 Ribu Bulan Juli 2023? Cek Jadwalnya

- 30 Juni 2023, 08:09 WIB
Ilustrasi uang. Dapatkan bansos uang Rp600 ribu dari BLT Dana Desa.
Ilustrasi uang. Dapatkan bansos uang Rp600 ribu dari BLT Dana Desa. /Unsplash/Mufid Majnun

PR TASIKMALAYA - Selama tahun 2023, pemerintah akan terus menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa alias BLT DD dari anggaran dana desa.

BLT Dana Desa sebelumnya telah disalurkan oleh pemerintah sebagai respons terhadap pandemi Covid-19, namun pada tahun 2023, penyalurannya difokuskan pada pembangunan nasional.

Bantuan ini juga dikenal sebagai BLT Kemiskinan Ekstrem, dan tujuannya adalah mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Sesuai dengan Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, dana desa salah satunya diprioritaskan untuk masyarakat miskin melalui bansos BLT Dana Desa.

Baca Juga: Pria ini dengan Bangga Menjual Kuenya! Jika Teliti, Temukan Perbedaan Gambar Tes IQ ini

Pemerintah memiliki target untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem hingga 0 persen pada tahun 2024, dan BLT Dana Desa merupakan salah satu upaya dalam mencapai target tersebut.

Besaran bantuan yang diterima oleh masyarakat yang membutuhkan adalah sebesar Rp300 ribu atau Rp900 ribu setiap tahap penyaluran, tergantung dari metode penyaluran yang digunakan.

Penyaluran BLT Dana Desa dilakukan sepanjang tahun 2023 selama 12 bulan, dengan nilai bantuan sebesar Rp300 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) per bulan.

Info Pencairan BLT Dana Desa 2023

Baca Juga: GRATIS Klaim Kacamata, Korset, Alat Bantu Dengar dengan Mudah dari BPJS Kesehatan

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah