Cair Bansos Uang Rp300 Ribu! Info Pencairan BLT Dana Desa, Buruan Klaim Segera

- 30 Juni 2023, 09:11 WIB
Ilustrasi uang Rp300 ribu dari BLT Dana Desa atau BLT Kemiskinan  Ekstrem.
Ilustrasi uang Rp300 ribu dari BLT Dana Desa atau BLT Kemiskinan Ekstrem. / Pexels/Ahsanjaya

PR TASIKMALAYA – Sepanjang tahun 2023, pemerintah memastikan terus menyalurkan bantuan langsung tunai dari anggaran dana desa atau disebut sebagai BLT Dana Desa/BLT DD.

BLT Dana Desa pada tahun-tahun sebelumnya disalurkan pemerintah karena adanya pandemi Covid-19, namun di tahun 2023 landasan penyalurannya adalah untuk pembangunan nasional.

Bantuan yang juga bisa disebut sebagai BLT Kemiskinan Ekstrem bertujuan untuk mempercepat penuntasan kemiskinan ekstrem di Tanah Air.

Tujuan dari penyaluran BLT Dana Desa sesuai dengan Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem yang menyebut prioritas dana desa salah satunya digunakan sebagai bantuan langsung tunai.

Baca Juga: Adakah Bitch X Rich Season 2? Ini Pertanyaan yang Belum Terjawab di Musim Pertama

BLT Dana Desa menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menghapuskan kemiskinan ekstrem hingga 0 persen pada tahun 2024 mendatang.

“Inpres itu untuk mempercepat, karena kita juga bertekad bahwa kemiskinan ekstrem pada 2024 adalah nol persen,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Selasa, 14 Juni 2022.

Besaran yang didapatkan oleh masyarakat yang membuatuhkan adalah sebesar Rp300 ribu/Rp900 ribu setiap tahap penyaluran, tergantung dari metode penyalurannya seperti apa.

Jadwal Penyaluran

Baca Juga: Dikenal Memiliki Kepercayaan Diri yang Kuat, Cek Berikut Deretan Idol K-pop Berzodiak Leo

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah