Cukup Pakai HP, Cara agar Anak Sekolah Bisa Dapat Bansos hingga Rp500 Ribu

- 19 Juni 2023, 07:51 WIB
Ilustrasi uang.
Ilustrasi uang. /Pixabay/EmAji

PR TASIKMALAYA – Informasi lengkap cara mendapatkan bantuan sosial (bansos) tahun 2023 berapa Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah. Anak sekolah bisa dapat hingga Rp500 ribu.

Pemerintah terus berupaya dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem di Tanah Air agar menjadi nol persen pada tahun 2024. Salah satunya upaya tersebut adalah dengan mengadakan program bansos.

Ada sejumlah program bansos dari pemerintah yang dapat sangat bermanfaat bagi masyarakat di antaranya BLT Dana Desa, PKH, hingga sembako.

Mendapatkan bansos PKH dari pemerintah dapat dilakukan secara mandiri atau mendaftar sendiri. Caranya sangat mudah dan hanya memerlukan HP.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah Jelang Idul Adha

Mendaftar sendiri bansos PKH secara online tidak ribet karena kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Cek Bansos di Playstore dari Kementerian Sosial (Kemensos). Itu adalah aplikasi resmi.

Perlu diketahui, besaran bantuan yang akan didapatkan melalui PKH dibagi menjadi beberapa kategori yakni ibu hamil hingga anak yang masih sekolah. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil mendapatkan Rp750.000
  • Balita mendapatkan Rp750.000
  • Lansia mendapatkan Rp600.000
  • Penyandang disabilitas mendapatkan Rp600.000
  • Anak SD mendapatkan Rp225.000
  • Anak SMP mendapatkan Rp375.000
  • Anak SMA mendapatkan Rp500.000

Pencairan nantinya melalui rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Mandiri, BNI, BTN, atau pun BRI. Daerah yang jauh dari akses ATM bank akan dilakukan pencairan melalui PT Pos Indonesia.

Baca Juga: Season 3 Baru Saja Tamat, Penggemar Berspekulasi Akan Ada Dr Romantic Season 4! Simak Faktanya

Cara Daftar Lewat HP

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x