Pengertian Invoice, Fungsi, Jenis-jenis, dan Komponen di Dalamnya

Adv
- 13 Desember 2021, 16:13 WIB
Ketahui pengertian invoice, seperti fungsi, jenis-jenis, dan komponen di dalamnya secara terperinci di sini.
Ketahui pengertian invoice, seperti fungsi, jenis-jenis, dan komponen di dalamnya secara terperinci di sini. /Dok. Pikiran Rakyat

PR TASIKMALAYA - Di dunia bisnis ada banyak istilah-istilah akuntansi, satunya di antara adalah invoice. Invoice atau yang dikenal dengan istilah awamnya adalah nota, berperan penting dalam merekam barang atau jasa apa saja yang telah dibeli konsumen.

Biasanya, invoice dibuat dalam bentuk rangkap tiga. Yang asli menjadi arsip perusahaan sedangkan ketiga hasil copy diberikan satu untuk pembeli, satu untuk penjual, dan yang terakhir sebagai arsip keuangan. Selain itu, sudah ada sejumlah aplikasi invoice online Indonesia yang membantu dalam proses pembuatan invoice. Aplikasi invoice online Indonesia merupakan sutu terobosan dalam dunia bisnis.

Apa Itu Invoice?

Menurut keterangan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), invoice adalah daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan keterangan nama, jumlah, harga yang harus dibayar.

Baca Juga: 5 Aktris Korea dengan Citra Peran 'Wanita Gila' dalam Penampilannya di Drama pada Tahun 2021

Selain memuat perincian pembelian, invoice sering kali digunakan sebagai alat tagihan antara penjual kepada pembeli. Adapun tenggat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran yang tertera dalam invoice biasanya akan disesuaikan dengan kesepakatan pada purchase order.

Pembuatan invoice umumnya dilakukan sebanyak tiga rangkap, satu untuk pembeli, yang ke dua disimpan oleh penjual sebagai lampiran penagihan, dan yang ke tiga disimpan di dalam buku faktur. Tidak ada format baku dalam pembuatan invoice, akan tetapi ada beberapa komponen yang harus Anda cantumkan di dalam sebuah invoice. Apa saja?

Komponen di Dalam Invoice

Setiap perusahaan pasti memiliki format invoice yang berbeda-beda sesuai kebutuhannya. Namun, ada beberapa komponen yang harus disertakan di dalam invoice agar informasi di dalamnya lengkap sesuai purchase order dari konsumen.

Halaman:

Editor: Ghassan Faikar Dedi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x