7.418 Jamaah Calon Haji Embarkasi Surabaya Tiba di Madinah, 8 Orang Tunda Keberangkatan

- 16 Mei 2024, 19:15 WIB
ILUSTRASI HAJI: Tradisi walimatussafar haji adalah sebuah perayaan kebersamaan dan syukuran sebelum perjalanan rohani.
ILUSTRASI HAJI: Tradisi walimatussafar haji adalah sebuah perayaan kebersamaan dan syukuran sebelum perjalanan rohani. /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/PRFM

PR TASIKMALAYA - Jamaah calon haji asal Embarkasi Surabaya, Jawa Timur telah tiba di Madinah. Sebanyak 7.418 jiwa yang terdiri dari 7.318 jamaah dan 100 orang petugas dihitung dari pemberangkatan pertama pada Minggu, 12 Mei 2024 malam.

Dibalik itu, terdapat jamaah calon haji yang terpaksa harus menunda keberangkatannya karena faktor fisik yang sedang tidak sehat sebanyak 8 orang.

Jamaah yang sakit diantaranya adalah dua orang asal Lamongan masuk kloter 7, satu orang asal Lamongan dari kloter 8, satu orang asal tuban yang masuk ke kloter 12, satu orang dari kloter 24 asal Surabaya, satu orang asal Kabupaten Madiun dari kloter 16, dan dua orang asal Magetan dari kloter 17 dan 18.

Sakit yang dialami jamaah tersebut adalah anemia, gagal ginjal, dimensia, fraktur, gangguan pencernaan dan gangguan pernafasan.

Baca Juga: Tiba di Madinah, Jamaah Haji Riau Lakukan Sujud Syukur

"Kita doakan semoga para jamaah segera pulih dan dapat segera menyusul berangkat ke Tanah Suci seperti yang telah diharapkannya selama ini," ujar Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Abdul Haris kepada wartawan di Surabaya dikutip dari ANTARA.

Diketahui, pada hari ini Kamis, 16 Mei 2024 terdapat 5 kloter haji yang dijadwalkan akan memasuki asrama haji yakni kloter 21 dan kloter 22 dari Kota Malang, pada pukul 13.50 WIB.

Kloter 24 yang merupakan gabungan dari Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Surabaya serta kloter 25 dari Kabupaten Ngawi pada pukul 18.30 WIB.

Di sisi lain, petugas menemukan beberapa jamaah calon haji yang masih membawa barang yang seharusnya tidak boleh dimasukan ke tas tenteng jamaah, seperti silet, pisau, paku, alat cukur hingga gunting.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah