Puluhan Anggota Satpol PP Telanjang Dada Bersiap Tanggulangi Virus Corona

- 28 Maret 2020, 19:12 WIB
Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tasikmalaya, melakukan pemanasan tubuh dengan cara menjemur diri di bawah terik sinar matahari yang digekar di depan markas komando Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya. ARIS MF

PIKIRAN RAKYAT - Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tasikmalaya, melakukan pemanasan tubuh dengan cara menjemur diri di bawah terik sinar matahari yang digekar di depan markas komando Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya.

Upaya ini diyakini sebagai salah satu cara menguatkan imun tubuh para anggota Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya jelang pelaksanaan penyemprotan cairan disinfektan, serta pemantauan ke beberapa wilayah Kabupaten Tasikmalaya bersama tim gabungan TNI/Polri, BPBD, unsur pemerintah daerah dan para relawan.

Aksi yang rutin dilakukan setiap harinya ini dimulai sejak pukul 09.30 wib selama kurang lebih setengah jam. Tanpa mengenakan baju, seluruh anggota mengambil posisi duduk dan telungkup dengan tetap menjaga jarak antara anggota ke anggota lainnya, sepanjang 1 meter.

Baca Juga: Kota Tasikmalaya Lockdown, Warga: Ekonomi Lumpuh Bisa Diperbaiki

Tidak hanya anggota yang berjemur, akan tetapi seluruh kendaraan operasiinal mereka termasuk 3 unit kendaraan pemadam kebakaran, turut dijemur untuk mengantisipasi bersarangnya bakteri termasuo Covid-19.

Kasatpol PP Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Ridwan, menjelaskan bagi anggota Satpol PP, untuk menjaga kesehatan jasmani sifatnya wajib dan ini bagian dari SOP. Apalagi saat ini tengah-tengah agenda kegiatan yang sangat padat serta luasnya jangkauan wilayah operasi. Pihaknya ingin memastikan kesiapan para anggota, baik dari sisi pisik maupun mental.

"Terutama dalam menghadapi kondisi dan situasi yang terus berkembang di tengah-tengah wabah Covid-19. Maka kesehat itu harus diawali dari diri sendiri," jelas Iwan, Sabtu 28 Maret 2020.

Baca Juga: Update Virus Corona Kota Tasikmalaya Sabtu 28 Maret 2020: Angka Positif Berujung Lockdown

Menurutnya, sinar ultra vilolet yang berasal dari sinar matahari diyakini sebagai pembakar virus jahat yang sangat efektif, termasuk mematikan virus corona. Hal ini dinilai sebagai karunia Allah SWT yang harus disyukuri dan manfaatkan sebaik mungkin untuk kesehatan jasmani dan kekebalan tubuh.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X