Gunakan THR dengan Bijak, Begini Tips Mengelolanya

- 23 Maret 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi THR. THR PNS 2024 segera disalurkan pemerintah ini bocoran jadwal pencairan
Ilustrasi THR. THR PNS 2024 segera disalurkan pemerintah ini bocoran jadwal pencairan /Pixabay.com/ Wonderful Bali

PR TASIKMALAYA - Bagi orang yang mau mengelola Tunjangan Hari Raya (THR), tentu membutuhkan berbagai cara yang dinilai mudah.

Dalam kelola THR yang didapatkan, Faculty Head of Sequis Training Academy of Excellence Samuji memberikan cara muda dalam hal ini.

Menurut dia, mengelola THR harus mengerti basis persentase dalam setiap alokasi anggaran.

Rinciannya, membuat perhitungan matang dari THR yang didapatkan. Mulai dari digunakan untuk keperluan-keperluan yang dinilai penting.

Baca Juga: THR Pensiun Mulai Dicairkan Hari Ini, Berikut Aturan yang Harus Diketahui

“Dimulai dengan anggarkan pos dari THR untuk kewajiban dengan alokasi sekitar 5 persen, sedangkan untuk kebutuhan Lebaran dapat dialokasikan hingga 50 persen. Lalu 20 persen untuk melunasi utang konsumtif," kata Samuji dikutip dari ANTARA pada 22 Maret 2024.

Kemudian, THR bisa dialokasikan sebesar 15 persen untuk pos dana darurat. Selanjutnya, sisa 10 persen untuk simpanan kedepan.

Dia mengatakan THR bisa digunakan untuk membayar zakat fitrah dan berbagi berkah kepada siapa saja yang membutuhkan semampunya. Selain untuk membayar hutang yang belum dibayar.

"Jangan lupa juga sisihkan dana kewajiban untuk diberikan kepada orangtua agar mereka juga dapat menggunakannya untuk merayakan momen Idul Fitri," kata dia.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x