Cara Daftar PKH dan BPNT 2024 Secara Online dan Manual

- 29 Januari 2024, 09:35 WIB
Ilustrasi BPNT dan PKH 2024.
Ilustrasi BPNT dan PKH 2024. /Pixabay/WonderfulBali/

PR TASIKMALAYA - Menjelang penyaluran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos), banyak masyarakat yang menanyakan cara daftar bantuan khususnya untuk Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Maka dari itu, artikel ini menyediakan informasi lengkap cara daftar PKH dan BPNT 2024 dengan dua cara yakni secara online lewat handphone (HP) dan secara manual dengan datang langsung ke desa atau kelurahan. 

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa bansos, baik PKH maupun BPNT sama-sama disalurkan untuk keluarga miskin atau rentan miskin yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Kemudian kedua bansos tersebut memiliki kategori dan nominal yang berbeda-beda yang dimulai dari Rp200.000, Rp500.000 hingga Rp750.000 per tahap pencairan. 

Baca Juga: PKH Tahap 1 Cair Segera! Simak Syarat Penerima dan Cara Cairkannya

Cara Daftar PKH dan BPNT 2024

1. Secara Manual 

Pendaftaran bansos bisa dilakukan secara manual dengan cara datang langsung ke desa atau kelurahan setempat. Lalu, jangan lupa membawa berkas penting seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk membantu pengisian data oleh petugas.

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu informasi penerima atau mengecek langsung melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id. Sebab, usai memberikan data kepada petugas Desa, data tersebut akan dikirimkan ke Dinsos dan Kemensos untuk dipertimbangan sebagai penerima bantuan. 

Jika nama Anda sudah terdaftar, maka informasi penerima akan menampilkan data Anda ketika melakukan pengecekkan secara online. 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x